Monday, 18 November 2019

Berkas Perkara Setnov Dilimpahkan ke JPU? KPK: Masih Penyidikan

Selasa, 5 Desember 2017 — 9:30 WIB
Ketua DPR RI,  Setya Novanto,  dikawal petugas untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. (rihadin)

Ketua DPR RI, Setya Novanto, dikawal petugas untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. (rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Berkas penyidikan perkara dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-El atas nama tersangka Ketua DPR, Setya Novanto, dikabarkan sudah rampung dan dilimpahkan ke tahap penuntutan (tahap dua). Namun, lembaga antirasuah masih belum mau memberikan informasi tersebut secara resmi.

Terkait adanya kabar tersebut, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengatakan, saat ini penyidik masih harus menganalisis soal saksi tambahan untuk Ketua Umum Partai Golkar nonaktif itu.

“Sampai hari ini masih dalam proses penyidikan jadi belum ada yang disebut-sebut sebagai pelimpahan,” katanya, Selasa (5/12/2017).

Menurutnya, pemeriksaan pun masih terus berlangsung, terutama terhadap saksi atau ahli meringankan yang diajukan oleh Novanto. Penyidik pun, kata Priharsa, telah melakukan pemanggilan terhadap para saksi dan ahli meringankan itu. Namun belum semuanya hadir memenuhi panggilan.

“Untuk saksi meringankan kan ini mengacu pada pasal 65 KUHAP bahwa seorang tersangka itu memiliki hak dan hak itu telah dipenuhi oleh penyidik KPK, jadi untuk mendatangkan saksi yang meringankan itu kan mestinya diusahakan oleh tersangka atau pun kuasa hukumnya. Tapi yang jelas KPK kan telah melakukan pemanggilan,” imbuh Priharsa.

Sebelumnya, informasi soal rampungnya berkas penyidikan perkara Novanto datang dari pejabat internal KPK yang enggan disebutkan namanya. “Berkas (perkara Setya Novanto) sudah dilimpahkan ke JPU pekan lalu,” kata dia, Senin (4/12/2017).

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan pun sebelumnya telah mengungkapkan secara yakin pihaknya dapat segera merampungkan berkas penyidikan Novanto dan membawanya ke tahap penuntutan.

Hal senada juga dikemukakan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Ia bahkan sempat menegaskan sebelum putusan praperadilan dibacakan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pihaknya bakal melimpahkan berkas Novanto ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Sudah beres itu, tinggal sedikit lagi saja (dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor). Sebelum praperadilan ya,” kata Saut di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2017).‎

Sebagaimana diketahui, sidang perdana praperadilan Novanto jilid II sendiri sudah dilangsungkan di PN Jaksel, Kamis (30/11/2017) kemarin. Namun tidak ada perwakilan dari KPK yang datang sehingga hakim tunggal, Kusno, memutuskan untuk menundanya menjadi Kamis (7/12/2017) mendatang.

Dalam aturan berlaku, praperadilan akan gugur bila pokok perkaranya telah disidangkan di pengadilan Tipikor.

(julian/sir)