Sunday, 17 November 2019

Hadapi Sidang Praperadilan Setya Novanto KPK Hadirkan Dua Ahli Hukum

Selasa, 12 Desember 2017 — 17:43 WIB
Suasana sidang praperadilan Setya Novanti di PN Jakarta Selatan

Suasana sidang praperadilan Setya Novanti di PN Jakarta Selatan

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan dua ahli hukum dalam sidang lanjutan praperadilan yang diajukan Setya Novanto (Setnov) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (12/12/2017).

Kedua ahli hukum itu yakni Guru Besar Universitas Padjajaran sekaligus mantan hakim agung, Komariah Sapardjaja, dan dosen Fakultas Ilmu Hukum Universitas Sumatera Utara, Mahmud Mulyadi.

Kepala Biro Hukum KPK Setiadi menyampaikan kepada Kusno, hakim tunggal yang memimpin jalannya sidang praperadilan, sedianya ada empat ahli yang rencananya dihadirkan. “Namun, baru dua orang yang bisa memberikan keterangan hari ini,” katanya, di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).

“Dua ahli berikutnya akan kami hadirkan lagi besok (Rabu), yang mulia,” imbuhnya.

Pada sidang sebelumnya, pihak pengacara Setnov menghadirkan tiga ahli. Yaitu ahli pidana dan hukum acara Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Prof Dr Muzakir, ahli hukum pidana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Dr Nur Basuki Mirnano, dan ahli tata negara, Dr Margarito Kamis.

Diagendakan sebelumnya, putusan praperadilan ini akan digelar pada Kamis (14/12/2017). Namun, praperadilan ini berpotensi gugur jika Rabu (13/12/2017), Pengadilan Tipikor Jakarta jadi memulai sidang pokok kasus korupsi KTP-el dengan agenda pembacaan surat dakwaan untuk Setnov. (julian/b)