Thursday, 12 December 2019

Chelsea Menang 1-0 Atas Southampton

Minggu, 17 Desember 2017 — 0:21 WIB
Marcos Alonso (reuters)

Marcos Alonso (reuters)

INGGRIS – Chelsea hanya bisa meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Southampton di Stamford Bridge, Sabtu (16/12/2017).

Gol yang diciptakan Marcos Alonso di jelang akhir babak pertama membuat Chelsea mempertahankan peringkat tiga klasemen sekaligus mengirimkan Southampton ke peringkat 12 klasemen. Kemenangan ini juga membuat Chelsea kini berjarak 11 poin dengan Manchester City yang akan menghadapi Tottenham Hotspur.

Chelsea yang lebih mendominasi penguasaan bola nyaris unggul di menit ke-14 bila Willian bisa memanfaatkan umpan dari Alonso. Enam menit kemudian, Alonso juga gagal menciptakan gol karena Fraser Forster mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Gary Cahill dan N’Golo Kante juga tidak mampu menjebol gawang Southampton yang dijaga Forster yang sejak tahun 2013 telah memperkuat timnas Inggris. Trio pertahanan Southampton, Wesley Hoedt, Maya Yoshida, dan Jack Stephens juga mampu mementahkan tembakan Tiemoue Bakayoko dan Pedro.

Tapi di waktu tambahan babak pertama, Alonso berhasil mengubah skor dengan tendangan bebasnya. Setelah Yoshida menjatuhkan Eden Hazard di luar kotak penalti, wasit Roger East memberikan tendangan bebas ke Chelsea. Dengan kaki kirinya, Alonso berhasil mengirimkan bola melewati dinding pertahanan dan menggetarkan gawang Southampton.

Chelsea juga terus menghujani tamunya dengan serangan-serangan berbahaya. Tekanan tuan rumah membuat manajer Mauricio Pellegrino menarik Manolo Gabbiadini dan memasukkan Charlie Austin demi memperbaiki daya gempur Southampton.

Hanya dua menit kemudian, Austin nyaris membuat kedudukan imbang setelah mendapat umpan di luar kotak penalti Chelsea. Sepakan Austin mengarah ke pojok bawah gawang Chelsea. Namun kiper Thibaut Courtois masih bisa melakukan penyelamatan gemilang.

Eden Hazard juga nyaris mencetak gol di menit ke-67. Setelah kerja sama manis dengan Fabregas, Hazard berhasil mendapat ruang tembak tapi pertahanan Southampton cukup cepat memblokir tembakan terarah Hazard.

Antonio Conte memasukkan Alvaro Morata yang baru pulih dari cedera di menit ke-73 untuk menggantikan Hazard. Hanya hitungan menit, Morata mendapat dua kesempatan emas menambah keunggulan Chelsea. Sayangnya, sepakan Morata berhasil diblokir oleh Forster.

Kesempatan bagi Southampton mengejar ketinggalan didapat di menit ke-85 saat Austin kembali mendapat umpan silang. Sepakan striker asal Inggris ini hanya melayang beberapa sentimenter di sisi gawang.

Hingga akhir pertandingan kedudukan tetap tidak berubah, 1-0 untuk Chelsea yang memperpanjang kemenangan menjadi lima pertandingan berturut-turut. Kini Chelsea telah mengumpulkan poin 38 dari 18 pertandingan, poin yang sama dengan Manchester United yang baru bermain 17 laga.