Monday, 16 December 2019

Bekasi Bertekad Raih Adipura Bermartabat

Sabtu, 23 Desember 2017 — 11:24 WIB
Kota Bekasi

BEKASI (Pos Kota) – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi menyatakan keyakinannya bisa meraih Adipura 2018. Hal ini tentunya apabila didukung oleh semua elemen masyarakat.

“Peringatan hari Lingkungan Hidup menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Bekasi dan seluruh masyarakat yang ada untuk  berkomitmen membudayakan budaya bersih di Kota Bekasi,” kata H Jumahana Lutfi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Disebutkan, sudah banyak cara yang dilakukan untuk meraih Adipura. Hanya saja, yang lebih penting adalah peran serta masyarakat dalam mengubah mindset tentang kebersihan. “Pola pikir bahwa kebersihan itu milik bersama. Sehingga, peran ini penting agar tidak ada lagi sampah berceceran di jalanan atau bukan pada tempatnya,” katanya.

Hal senada juga diungkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, yang selalu menekankan budaya bersih. “Kita mau meraih Adipura Bermartabat,” ujar Walikota.

Sebelumnya, dalam apel peringatan Hari Lingkungan di Alun-alun Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup memberi apresiasi kepada sejumlah elemen seperti Unit Reaksi Cepat, Pekerja Harian Lepas (PHL) yang bertugas membersihkan lingkungan, dan para aktivis lingkungan di Kota Bekasi.

Perjalanan prestasi Adipura bagi Kota Bekasi memang cukup panjang. Piala Adipura sudah pernah diraih kota ini tahun 2010.  Prestasi di masa kepemimpinan Walikota Mochtar Mohammad ini diraih, setelah mendapat predikat kota terkotor. Prestasi tersebut kemudian dipertanyakan, hingga memunculkan dugaan suap.

Beberapa tahun setelahnya, Kota Bekasi terus sepi dari predikat bersih. Bahkan pada tahun 2016 lalu, piagam Adipura tak juga singgah di kota ini.(chotim/embun)