Friday, 13 December 2019

Warga Rangkapan Jaya Baru Serbu Imunisasi Vaksin Difteri

Selasa, 2 Januari 2018 — 21:05 WIB
Ratusan warga di lima RT/ RW 08, Kel. Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas saat mendapatkan imunisasi vaksin difteri dari petugas kesehatan Kota Depok. (anton)

Ratusan warga di lima RT/ RW 08, Kel. Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas saat mendapatkan imunisasi vaksin difteri dari petugas kesehatan Kota Depok. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Khawatir  terkena penyakit difteri, ratusan ibu rumah tangga membawa anaknya, dari balita hingga 19 tahun, mendatangi  rumah kader PKK RW 08, di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, untuk imunisasi vaksin difteri yang dilaksanakan petugas kesehatan Puskesmas.

“Daripada terkena penyakit difteri mendingan anak dibawa ke sini unutk mendapatkan suntikan imunisasi atau vaksinaasi yang dilakukan petugas keseahatan dari Puskesmas maupun bidan setempat,” kata Nyonya Rani, warga RT 02/08, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Selasa (2/1).

Kegiatan imunisasi penyakit difteri dilakukan secara gratis di halaman rumah kader TP PKK RT 02/08, Jl. Al Hikmah, Kelurahan. Rangkapan Jaya Baru memang dipadati orang tua dan anak-anak yang ingin mendapatkan suntikan vaksin difteri sejak pagi hingga siang, katanya.

“Sebagian besar warga yang berasa dari enam RT/RW 08 memang agak khawatir dan takut anak mereka bakal terkena virus atau penyakit difteri yang belakangan mewabah di berbagai daerah termasuk Depok,” tutur Ketua TP PKK RW 08 Ny. Zulkafli yang menambahkan tercatat ada sekitar 512 orang lebih yang mendapatkan vaksinasi atau imunisasi difteri gratis tersebut.

Sedangkan, dr. Ida petugas kesehatan Puskesmas Rangkapan Jaya Baru,  mengatakan warga sangat antusias untuk kegiatan pemberikan vaksin imunisasi difteri gratis. “Tercatat ada lebih dari 500 orang disuntik vaksin  difteri dan kegiatan akan dilakukan selama tiga kali yaitu hari ini Januari, Pebruari dan Maret 2018,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies K, mengakui bahwa pemberian imunisasi di lingkungan RW 08 Kel. Rangkapan Jaya Baru merupakan salah satu dari 2.318 program pemberian vaksin imunisasi kepada 668.835 warga usia 1 hingga 19 tahun di 12 kecamatan.

“Kegiatan itu memang dilakukan secara bertahap  mulai pertengahan Desember 2017 lalu dan dilakukan di posyandu, lingkungan RW, kelurahan dan Puskesmas oleh petugas kesehatan,” tuturnya. (anton/win)