Monday, 21 October 2019

Pilkada Kota Tangerang, Arief-Sachrudin Borong 13 Partai

Selasa, 9 Januari 2018 — 23:50 WIB
Walikota Tangerang, Arief  R. Wismansyah di tengah wartawan. (awang)

Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah di tengah wartawan. (awang)

TANGERANG (Pos Kota) – Pasangan calon petahana Kota Tangerang, Arief R. Wismanyah – Sachrudin memborong 13 partai untuk mendaftar ke KPUD pada Rabu (10/1). “Kalau perlu, kotak kosong kami dekati juga,” kata Arief yang juga Walikota Tangerang, Selasa (9/1).

Menurut Arief, 10 partai merupakan partai yang memiliki kursi di DPRD Kota. Sedang tiga lainnya seperti Perindo, PSI dan PKPI memberikan dukungan kepada pasangan incumbent itu.

“Kalau soal borong partai politik, justru ini strategi komunikasi yang selama ini kami bangun,” ujarnya. “Perjuangan melanjutkan kekuasaan ini dilakukannya jauh-jauh hari.”

Orang nomor satu di Kota Tangerang itu mengaku dengan sokongan seluruh parpol menjadi tantangan besar baginya. Terutama dalam pembangunan Kota Tangerang lima tahun ke depan.
“Banyak pekerjaan rumah yang mesti kami tangani. Di antaranya banjir, kemacetan, pengangguran, dan lainnya.”

TAK ADA LAWAN

Dengan dukungan begitu banyak partai, dipastikan pasangan Arief-Sachrudin tak ada lawan. “Tahapan Pilkada tetap dilakukan, bila cuma ada satu pasangan, maka akan disediakan kotak kosong setelah sebelumnya dilakukan perpanjangan penerimaan pendaftaran ,” kata Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane.

Sesuai UU Pilkada No10/ 2016, calon tunggal dinyatakan menang jika mendapatkan suara lebih dari 50 persen dari suara sah. Namun, apabila kurang dari 50 persen dari suara yang sah, maka yang menang adalah kotak kosong.

Bila kotak kosong menang, pemerintah menugaskan penjabat gubernur, penjabat bupati, atau penjabat walikota. (awang/bi/st)