Sunday, 17 November 2019

SMS: Warga Keluhkan Turap Kali Sunter Rusak

Selasa, 30 Januari 2018 — 8:28 WIB
ilustrasi

ilustrasi

TURAP atau dinding pada sisi Timur Kali Sunter, di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara, rusak dan dikeluhkan warga. Lantaran, akibat rusaknya penahan saluran pada saat hujan, kali pun kerap tidak dapat menampung air hingga meluber ke pemukima warga.

“Bagaimana bisa menampung air, dinding-dinding salurannya saja sudah pada ambrol. Mungkin kalau tidak cepat diperbaiki, akan semakin parah. Dan bisa jadi bukan genangan lagi, tapi banjir pada pemukiman yang ada,” ucap Juju, 55, satu warga Koja.

Ambrolnya tetap Kali Sunter yang ada pada sisi Timur, tersebut juga pernah dikeluhkan warga lainnya ke redaksi melalui SMS Aspirasi. Isinya; “Bapak Walikota Jakarta Utara, tolong perbaiki turap Kali Sunter di wilayah Rawa Badak Utara, banyak rusak. Karena pada saat hujan air sering meluber ke jalan. Terima kasih. (08126610xxx).

Menyikapi keluhan tersebut, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sumber Daya Air Kecamatan Koja, Erlan, mengatakan bahwa pihak telah menindak lanjuti dengan memperbaiki turap kali yang abrol. “Dalam hal ini kita juga meninggikan turap kali yang ada sekitar 0,60 sentimeter,” ungkapnya.

Dalam pengerjaannya tersebut, Erlan mejelaskan ada sebanyak 15 petugas dikerahkan. “Dengan panjang saluran kurang lebih 900 meter, perbaikan pun kita harapkan dapat kelar dalam waktu kurang dalam satu bulan,” katanya. Ia pun berharap bila turap kelar, air tidak lagi tumpah ke jalan dan masuk ke pemukiman.

(deny/sir)