Tuesday, 19 November 2019

Agar Lebih Tegas dan Disiplin, Jajaran Satpol PP Jakut Rutin Lakukan Pembinaan MFD

Sabtu, 3 Februari 2018 — 8:26 WIB
Satpol PP Jakarta Utara, tengah melakukan latihan mental, fisik dan disiplin. (deny)

Satpol PP Jakarta Utara, tengah melakukan latihan mental, fisik dan disiplin. (deny)

JAKARTA –  Pembinaan mental, fisk dan disiplin (MFD) terhadap anggota dilakukan jajaran Satpol PP Jakarta Utara, secara rutin.

Langkah itu, bertujuan agar penegak Peraturan Daerah (Perda) lebih disiplin dan tegas dalam menjalankan tugas.

“Kami ingin anggota Satpol PP memiliki fisik dan mental yang baik sebagai aparat penegak Perda. Termasuk pelatihan baris-berbaris agar mereka kompak dan disiplin,” ucap Kepala Seksi PPNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Budi Salamon, Jumat (2/2/2018).

Menurut Budi, pembinaan tersebut rutin dilakukan sebulan sekali dengan mengambil lokasi di kawasan Pantai Ancol. “Kalau materinya sendiri, latihan fisik seperti bela diri. Karena dalam kondisi tertentu, kita harus siap mawas diri dengan sebisa mungkin tidak bertindak agresif,” paparnya.

Tidak hanya itu, pembinaan search and rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan korban hilang juga ikut dilakukan anggota Satpol PP Jakarta Utara. Salah satu simulasi pencarian korban hilang atau tenggelam pada saat banjir.

“Dalam hal ini, kami juga meminta kepada seluruh anggota untuk bersungguh-sungguh pada saat mengikuti pembinaan. Karena tidak akan sungkan-sungkan juga, kita akan memberikan sanksi bagi anggota yang tidak serihs,” tegas Budi. (deny/tri)