Friday, 18 October 2019

Pipa PDAM Tersumbat Sampah Banjir, Hari Ini Dibersihkan

Selasa, 6 Februari 2018 — 9:57 WIB
Sejumlah petugas PDAM Tirta Asasta Depok saat memperbaiki pipa penyulingan air bersih yang penuh lumpur dan sampah akibat air Sungai Ciliwung meluap. (anton)

Sejumlah petugas PDAM Tirta Asasta Depok saat memperbaiki pipa penyulingan air bersih yang penuh lumpur dan sampah akibat air Sungai Ciliwung meluap. (anton)

DEPOK – Banjir kiriman dari wilayah Bogor di Sungai Ciliwung yang cukup tinggi membuat jaringan pipa air milik PDAM Tirta Asasta terganggu hingga membuat pelanggan air bersih di kawasan jaringan Perumnas Depok II Tengah dan sekitarnya sejak siang hingga malam hari tidak mendapatkan pasokan air.

“Sejak siang memang air bersih dari PDAM Tirta Asasta Depok tidak mengalir karena ada kerusakan di jaringan pompa instalasi penyedot air terganggu,” kata Kondang Budiman, warga Jl. Kresna Raya, Depok II Tengah, kemarin siang.

Informasi terganggungnya suplai air bersih dari PDAM Depok memang sejak siang tadi saat air dari Kali Ciliwung meluap akibat kiriman dari Bogor, katanya yang terpaksa mengantri ambil air bersih dari air tanah milik warga sekitar yang punya jet pam.

Sebagian besar warga di lingkungan sini terpaksa harus antri air bersih untuk kebutuhan cuci dan lainnya, tuturnya karena perbaikan diperkirakan baru selesai sampai hari Selasa (6/2/2018) ini oleh petugas di PDAM Tirta Asasta Depok terlebih pihak PDAM tidak memiliki persiapan untuk menyediakan mobil truk tengki air bagi warga yang membutuhkan air bersih untuk keliling atau suplai saat air tidak mengalir.

PENUH LUMPUR

Menanggapi adanya kerusakan jaringan atau pengiriman air bersih dari PDAM Tirta Asasta Depok, Direktur Umum PDAM setempat Leman, mengakui bahwa kolam pengolahan air bersih milik PDAM Tirta yang selama ini menyedot atau menyuling air dari Sungai Ciliwung penuh dengan sampah dan lumpur bawaan dari banjir kiriman dari Bogor.

Kejadian itu sejak Pk. 13:00 Senin (5/2) hingga malam ini Pk. 21:00 jaringan pipa pensuplai air bersih tengah diperbaiki oleh sekitar 20 orang petugas untuk membersihkan lumpur dan sampah yang tersangkut di mesin pengolahan air, katanya yang menambahkan mereka terdiri dari petugas bagian produksi, mekanik elektrik dan lainnya untuk membersihkan lumpur dan sampah yang membuat mesin rusak.

Dengan kondisi ini jaringan pengiriman air bersih dari instalasi pengolahan air Citayam, Kel. Depok dan Lengong, kel. Mekar jaya terjadi kerusakan. “Kami akan berupaya membersihkan lumpur dan sampah yang menyumbat pipa air menuju kolam penampungan sehingga Selasa (6/2) pagi atau siang dapat berfungsi kembali pengiriman atau suplai air bersih ke pelanggan,” imbuhnya.

(anton/sir)