Wednesday, 23 October 2019

Ngakunya Murid Kanjeng Dimas, Dukun Palsu Raup Rp200 Juta

Sabtu, 10 Februari 2018 — 15:00 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

LAMPUNG – Berdalih murid dukun pengganda uang Kanjeng Dimas bisa menggandakan uang secara gaib, tersangka Gus Jamaludin, warga Dusun Jembangan, Desa Kuripan, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Lampung, berhasil memperdaya korbannya pedagang kelontongan dengan menyerahkan uang sebesar Rp200 juta.

Kapolres Pesawaran, AKBP. Siful Wahyudi membenarkan, telah mengamankan seorang dukun palsu yang mengaku murid Kanjeng Dimas yang bisa menggandakan uang dengan cara ghaib berhasil ditangkap di rumahnya atas laporan warga yang jadi korban, pada Sabtu (10/2) pukul 06.00 WIB.

“Dengan tipu muslihat dukun palsu tersebut, korban harus kehilangan uang sebesar Rp 200 juta,”kata Saiful Wahyudi.

Korban Sudiman, 56, warga Pekon Gumuk Mas, Kecamatan Pagelaran, Prinsewu, Lampung menjelaskan , tersangka datang ke rumah korban dan berdalih bisa menggandakan uang dengan cara ghaib, hanya dalam tempo 7 hari kemudian tersangka meminta uang kepada korban sebesar Rp 200 juta dengan iming-iming akan melipat gandakan uang tersebut menjadi Rp 5 miliar. Terpedaya, korban langsung percaya dan memberikan uangnya kepada tersangka.

Setelah beberapa hari menunggu, tersangka tidak juga datang mengantarkan uang yang dijanjikan, korban pun tersadar, jika dia telah ditipu oleh tersangka. Korban langsung melapor ke Polres Pesawaran, dengan nomor laporan LP/B-65/II/Polda Lampung/Polres Pesawaran, tanggal 09 Februari 2018. Atas dasar itu, petugas langsung mengamankan tersangka di rumahnya.

“Saat ini tersangka masih diperiksa, untuk mengetahui berapa jumlah korbannya dan siapa saja komplotannya. Oleh sebab itu, kasusnya masih kita kembangkan,”ungkapnya.

(koesma/sir)