Sunday, 17 November 2019

Cegah Banjir, Warga Kramat Bersih-bersih Saluran

Senin, 12 Februari 2018 — 7:52 WIB
Walikota Jakpus, Mangara Pardede didampingi Camat Senen, Munjir Munaji memonitor perbaikan bak kontrol di saluran Phb Kembang Pacar. (Tarta)

Walikota Jakpus, Mangara Pardede didampingi Camat Senen, Munjir Munaji memonitor perbaikan bak kontrol di saluran Phb Kembang Pacar. (Tarta)

JAKARTA – Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta, tidak menyurutkan warga RW 03 Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat (Jakpus) untuk membersihkan dan menguras saluran penghubung (Phb) Kembang Pacar sepanjang sekitar 1000 meter.

Mereka begitu bersemangat membersihkan sampah yang menutup saluran. Aksi bersih-bersih ini langsung dipimpin Walikota Jakpus, Mangara Pardede, Wakil Walikota, Bayu Meghantara dan Sekretaris Kota, Ikbal Akbarudin. Ratusan warga bersama PHL Sumber Daya Air dan PPSU berjibaku mengangkati sampah dan endapan lumpur.

“Terima kasih Pak Walikota, saluran Phb di wilayah kami dibersihkan. Kami jadi tidak was-was saat hujan deras, karena air jadi lancar,” ucap Asmawi, warga RT 07 RW 03 Kramat.

Dikatakan, setiap kali hujan deras dalam waktu satu jam langsung terjadi genangan, meski tidak lami terus surut. “Mudah-mudahan setelah dibersihkan dan dikuras tidak timbul genangan,” ucap Asmawi.
Walikota Jakpus, Mangara Pardede juga mengapresiasi warga yang telah bergotong royong membersihkan saluran. “Saya berterima kasih atas kebersamaan warga yang ikut peduli terhadap lingkungannya,” ucapnya.

Menurutnya, saluran di lingkungan RW 03 cukup baik, namun kurang pembenahan dan pemeliharaan sehingga alirannya tidak lancar. “Jadi harus sering dibersihkan agar saluran tidak mampet,” tegas Mangara.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan perbaikan bak kontrol. Sebanyak 5 truk sampah dan endapan lumpur berhasil diangkut.

(tarta/sir)