Monday, 18 November 2019

Kerusuhan Pecah di Penjara Brazil, Sejumlah Sipir Disandera

Senin, 19 Februari 2018 — 11:50 WIB
Petugas sedang berupaya mengamankan kerusuhan di salah satu penjara di Brazil.(News.CN)

Petugas sedang berupaya mengamankan kerusuhan di salah satu penjara di Brazil.(News.CN)

BRAZIL – Kerusuhan pecah di penjara  kota Rio de Janeiro, Brasil, yang penuh sesak narapidana pada Minggu (18/2).  Sipir dalam penjara itu dilaporkan jadi korban sandera para narapidana.

Reuters melansir, kerusuhan pecah sejak Minggu sore di penjara Milton Dias Moreira. Tim SWAT dan kepolisian dikerahkan ke penjara tersebut, namun belum mampu mengendalikan situasi hingga Minggu tengah malam.

Dalam email yang dikirimkan badan pemasyarakatan Rio kepada media, tidak disebutkan berapa orang yang jadi sandera. Juga belum diketahui korban tewas atau terluka dalam peristiwa itu.

Penjara itu diketahui menampung 2.000 narapidana, padahal hanya dibangun untuk menampung 900 napi.

Ini adalah satu dari sekian banyak kerusuhan di penjara Brasil yang kebanyakan dihuni anggota geng kriminal dan narkotika. Kerusuhan biasanya pecah karena bentrok antar dua geng di dalam penjara.

Salah satu kerusuhan terparah terjadi pada Januari 2017 di penjara Monte Cristo, negara bagian Roraima. Saat itu, sebanyak 31 orang tewas dengan cara yang mengerikan, tubuh mereka termutilasi atau terbakar.

Lembaga HAM telah menyerukan pemerintah untuk memperbaiki kondisi tahanan. Kebanyakan penjara di Brasil tidak layak, kurang makanan, dan sel yang penuh sesak bahkan sulit untuk berbaring.

Kerusuhan kali ini terjadi tidak lama setelah pemerintah Rio mengatakan akan meningkatkan keamanan penjara. Jumat lalu, Presiden Brasil Michel Temer memerintahkan untuk melibatkan polisi dan tentara dalam pengamanan penjara di Rio.

Namun perintah ini harus mendapatkan persetujuan Kongres terlebih dulu. Melihat kondisinya yang buruk, Kongres diperkirakan akan menyetujui perintah Temer pekan ini.(Tri)

Terbaru

olah raga
Senin, 18/11/2019 — 8:22 WIB
Olah raga, Jasmani Rohani
Salah satu kondisi lapak los yang sempat dijadikan tempat bermain judi di Pasar Kemiri Muka, Depok. (anton)
Senin, 18/11/2019 — 8:08 WIB
Lapak di Pasar Kemiri Muka Jadi Tempat Berjudi
Dua sekolah di Jakarta Utara menjadi  pemenang LSS Nasional 2019. (deny)
Senin, 18/11/2019 — 8:08 WIB
2 Sekolah Jakarta Utara Juara Lomba Sekolah Sehat
Senin, 18/11/2019 — 7:58 WIB
Semoga Air Bersih Melimpah