Wednesday, 13 November 2019

Musim Orang-orang Stres!

Selasa, 27 Februari 2018 — 6:45 WIB
lapor

SEORANG anggota keamanan di komplek perumahan lapor pada Ketua RW setempat. “ Lapor Pak, kemarin ada orang gila, lewat kemari. Cengar cengir sendirian. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan demi keamanan dan ketenteraman, saya langsung ambil tindakan, mengeluarkan orang gila tersebut dari komplek. Pak! Laporan selesai!” ujar sang security.

Ya, betul. Belakangan ini lagi banyak orang stres. Stres karena berbagai masalah. Stres karena faktor ekonomi, menganggur berkepanjangan, miskin nggak mampu menghidupi diri sendiri, apalagi keluarganya. Stres karena putus cinta? Stres karena gagal jadi pejabat, stres karena ditangkap KPK? Ya, banyaklah sebab-musababnya!

Tapi, bisa jadi ada orang yang pura-pura stres. Ini bisa modus penipu atau kejahatan. Mereka, gentayangan keliling kampung melihat situasi dan kondisi, dimana ada kesempatan, bisa saja dia mencuri atau melakukan kejahatan lain.

Atau ada juga yang melukai orang dengan membabi buta, ketika ditangkap cengar-cengir berlagak gila. Ini yang disebut gila bohongan, alias pura-pura gila. Justru ‘orang gila’ inilah yang sangat berbahaya, karena dia melakukan kejahatan dengan sadar siapa sasarannya.
Stres karena kemiskinan, nggak kebagian kue dari negeri subur ini, mereka mencari sesuap nasi, kesana kemari akhirnya apa saja dimakan, termasuk sisa-sisa makanan orang. Nah, kalau bukan orang stres mana doyan makanan sisa?

Ada lagi, stres kerena putus cinta. Ini juga sangat berbahaya bagi diri sendiri, karena kebanyakan mereka, si stres ini kalau nggak menabrakkan diri ke kereta api yang sedang melaju kencang, ya terjun dari gedung tinggi!

Ya, jaga diri deh, jangan sampai stres! -massoes