Monday, 21 October 2019

Anies Minta Pemilik Gedung Jalan Sudirman – MH Thamrin Bongkar Pagar

Selasa, 6 Maret 2018 — 13:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paparkan rencana perubahan Jalan Sudirman dan MH Thamrin.(ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paparkan rencana perubahan Jalan Sudirman dan MH Thamrin.(ikbal)

JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumpulkan sekitar 150 pemilik gedung di sekitar Jalan Sudriman – MH Thamrin di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (6/3/2018).

Anies melakukan sosialisasi terhadap penataan ulang kawasan itu yang tengah dikerjakan.

Dalam penataan tersebut Anies meminta agar pemilik gedung menyesuaikan diri  dengan rencana penataan trotoar. Anies berharap pemilik gedung merubah pagar depan dengan pembatas  yang lebih natural.

“Jangan sampai di kanan kirinya gedung-gedung dengan benteng-benteng, tembok-tembok yang kokoh, besar, tinggi. Saya beri contoh saja, bisa dengan menggunakan tanaman yang ketinggiannya tidak mudah dilewati, tapi secara pandangan tidak menghalangi,” kata Anies.

Dikatakan Anies tidak ada sekat yang mencolok antara gedung dengan trotoar di sepanjang Jalan Sudiirman – MH Thamrin. Mantan Menteri Pendidikan  dan  Kebudayaan itu menyatakan akan membebaskan pemilik gedung untuk membuat desain  tersendiri.

“Saya sampaikan tadi rancangan pembatas yang soft itu banyak sekali contohnya. Tinggal kreativitas mereka, tidak usah diseragamkan, biarkan pembatasnya beragam karena itu akan membuat koridornya jadi lebih indah nantinya,” tandasnya.

Anies menandaskan meski desain pagar diubah, faktor keamanan gedung tetap menjadi perhatian. Dikatakan Anies  nantinya trotoar akan dibuat lebih lebar dan lebih nyaman bagi pejalan kaki. Diketahui saat ini trotoar di Jalan Sudirman-MH. Thamrin lebarnya berkisar 5,5 meter. Dengan penataan ulang, trotoar akan memikiki lebar 9 hingga 12 meter.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan trotoar tidak hanya difungsikan sebagai jalur pejalan kaki, namun juga akan dijadikan tempat interaksi sosial budaya. (ikbal/tri)

Terbaru

istana negara
Senin, 21/10/2019 — 10:38 WIB
Ada Machfud MD dan Nabil Makarim
Sejumlah Calon Menteri Dipanggil ke Istana Negara
Botol miras yang disita petugas.(angga)
Senin, 21/10/2019 — 10:09 WIB
Disembunyikan di Kebun
Di Acara Hiburan Musik, Petugas Gabungan Sita Puluhan Botol Miras