Saturday, 07 December 2019

Jual Mobil Pinjaman Rp25 Juta, Pria Ini Kena Tipu Rp15 Juta

Selasa, 6 Maret 2018 — 19:09 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Impian meraup uang banyak dengan cara instan sirna. Pria ini justru masuk bui atas ulahnya menjual mobil yang dipinjamnya.

Tersangka diciduk anggota Resmob Polsek Penjaringan di daerah Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018). Seluruh uang hasil kejahatan ludes tak tersisa, di antaranya raib lantaran tertipu. Kanit Reskrim Polsek Penjaringan Kompol Mustakim menyebutkan tersangka Dadi Sunardi alias Sano (32), diciduk setelah buron hampir tiga bulan.

Menurut Mustakim, penangkapan berawal dari laporan korban, Slamet Riyadi (51), pemilik mobil Toyota Avanza. “Pada awal November 2017 tersangka meminjam mobil kepada korban,” ujar Mustakim. Penyerahan mobil dilakukan di kediaman korban di Jalan Kapuk Muara, Penjaringan. “Alasan tersangka saat itu akan ke Lampung mengurus kerjaan.”

Namun setelah lebih dari dua bulan Sano tak kunjung kembali ke rumah korban untuk menyerahkan kendaraan bernopol B 1274 PYM tersebut. Oleh korban kasus itu kemudin dilaporka ke Polsek Penjaringan pada Senin (5/3/2018). Setelah menerima lapioran Tim Resmon di bawah pimpinan Kasubnit AKP Rochmad langsung bergerak memburu tersangka yang sudah diketahui keberadaannya. “Tersangka kami amankan di daerah Karawang, Jawa Barat, timpal Rochmad.

Kepada petugas Sano mengaku mobil yang dipinjam sudah dijual kepada seorang penadah di Karawang sebesar Rp25 juta. Tersangka juga berdalih seluruh uang hasil penjualan sudaj ludes tak tersisa. Dari uang tersebut, Rp15 juta habis disetorkan kepada seseorang yang mengaku bisa menggandakan uang. “Ternyata saya kena tipu, uang dibawa kabur,” aku Sano.

Sementara sisanya sebesar Rp10 juta habis dipakai untuk keperluan sehari hari hari. Dari tangan pelaku polisi hanya menyita barang bukti di antaranya selembar surat keterangan Jaminan BPKB, satu bundel surat perjanjian debitur dan satu lembar fotokopi legalisir BPKB mobi. (yahya/yp)