Sunday, 17 November 2019

Tahun Ini Depok Punya Mobil Pemadam Bertangga

Selasa, 20 Maret 2018 — 9:27 WIB
Salah satu atraksi petugas pemadam kebakaran Kota Depok saat melakukan aksi pemadaman api. (anton)

Salah satu atraksi petugas pemadam kebakaran Kota Depok saat melakukan aksi pemadaman api. (anton)

DEPOK – Kebutuhan mobil pemadam kebakaran yang memiliki tangga untuk mengatasi kebakaran gedung bertingkat maupun apartemen di wilayah Kota Depok sudah mendesak dan sangat perlu melihat kondisi pembangunan gedung bertingkat yang semakin banyak di wilayah ini.

“Ya sangat mendesak dan sangat perlu sebagai salah satu antisipasi membantu apabila terjadi musibah kebakaran di lantai yang lebih tinggi seperti apartemen di atas lantai 24 hingga 32,” kata Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Wakil Walikota Pradi Supriatna, Kepala DPKPKD setempat Gandara Budiana dan Kepala Satpol PP setempat Yayan Arianto.

Keberadaan mobil tangga memang sangat dibutuhkan untuk melengkapi mobil pemadam kebakaran yang sudah dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok (DPKPKD). Terlebih melihat perkembangan pembangunan gedung bertingkat seperti apartemen yang mulai banyak berdiri di Kota Depok.

Kasus kebakaran yang terjadi di apartemen Cinere beberapa waktu lalu, tambah dia, memang menjadi pelajaran berharga bagi jajaran DPKPKD Kota Depok sehingga saat memadamkan api di lantai 10 maupun untuk mengevakuasi warga meminta bantuan mobil pemadam kebakaran bertangga dari Jakarta Selatan.

Usualan sudah lama diajukan dan diharapkan tahun 2018 ini mobil pemadam kebakaran bertangga sudah dimiliki Pemkot Depok. “Satu unit saja dulu karena harganya cukup mahal,” kata Muhammad Idris yang menambahkan tidak hanya mobil bertangga saja tapi mobil pemadam kebakaran yang agak kecil juga tengah diajukan karena melihat kondisi badan jalan di Kota Depok kebanyakan tidak terlalu besar.

“Hampir 75 persen badan jalan di Kota Depok yang padat penduduk badan jalannya hanya memiliki lebar 12 meter sehingga untuk mobil pemadam kebarakan yang terlalu besar kesulitan masuk sehingga butuh kendaraan tiga perempat,” katanya yang juga meminta jaringan air bersih PDAM untuk menyiapkan titik-titik pompa hidrand di seju,lah jalan utama sehingga petugas tidak kesulitan saat membutuhkan air untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran.

(anton/sir)

Terbaru

Perawatan kuku dengan lemon. (ist)
Minggu, 17/11/2019 — 8:22 WIB
Pingin Kuku Cantik Alami? Ini Cara Merawatnya