Monday, 14 October 2019

Petugas PPSU Kuras Saluran Mampet

Selasa, 27 Maret 2018 — 14:36 WIB
Petugas PPSU mengeruk lumpur di RT 03 RW 03 Kelurahan Kebon Jeruk, Jakbar. (Rachmi)

Petugas PPSU mengeruk lumpur di RT 03 RW 03 Kelurahan Kebon Jeruk, Jakbar. (Rachmi)

JAKARTA -Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kebon Jeruk menguras saluran mampet di RT 03 RW 03 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sekitar 100 karung berisi lumpur diangkut dari saluran yang kerap dikeluhkan warga itu.

Lurah Kebon Jeruk, Agus Suryadi menjelaskan pihaknya rutin mengerahkan pasukan oranye di lingkungan permukiman warga.

“Informasi akan keluhan warga terkait saluran mampet di RT 03 RW 03 melalui Harian Pos Kota langsung kami respon dengan menugaskan PPSU ke lokasi tersebut,” kata Lurah Kebon Jeruk, Agus di lokasi, Selasa (27/3/2018).

Sebelumnya pembaca melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota dalam pesan SMS mengeluhkan saluran di wilayahnya di RT 03 RW 03 Kebon Jeruk sudah lama mampet sehingga saat hujan deras lingkungan jadi kebanjiran. “Tolong pak Lurah Kebon Jeruk supaya kirim PPSU menguras saluran kami yang tersumbat akibat sedimen lumpur dan sampah,” pinta pengirim bernomor 085890405xxx.

Agus menambahkan delapan PPSU nyemplung ke saluran sepanjang 10 meter dengan lebar 110 cm. Hasilnya sekitar 100 karung berisi lumpur dan sampah diangkut. Usai dikeruk, aliran saluran kembali lancar.

Kendati begitu Lurah Kebon Jeruk mengingatkan warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke kali ataupun saluran karena bisa memicu genangan bahkan banjir. Ia juga minta warga supaya tetap rajin kerja bakti rutin.

(rachmi/sir)