Friday, 13 December 2019

Jelang Puasa, Harga Telur Naik

Sabtu, 14 April 2018 — 13:49 WIB
Telur (cw3)

Telur (cw3)

JAKARTA – Jelang puasa, harga telur merangkak naik. Sebenarnya kenaikan harga jelang puasa bukanlah hal aneh bagi masyarakat Indonesia. Namun, nyatanya banyak masyarakat yang keluhkan kenaikan harga telur.

Harga telur sudah mengalami kenaikan, seminggu terakhir ini. Maria (32), pemilik agen telur di Lubang Buaya, Jakarta Timur, membenarkan jika kenaikan harga sudah berlangsung selama satu minggu.

“Naiknya dari seminggu lalu. Harga telur awalnya Rp22 ribu, sekarang saya jual Rp22.500. Ini harga agen. Kalo ecerannya saya jual Rp24 ribu per kilonya,” terangnya kepada poskotanews, Sabtu (14/4/2018).

harga telur

Maria (32) pemilik agen telur (cw3)

Maria menambahkan jika stok telur dari distributor juga mengalami pengurangan. Biasanya Maria meminta 100 ikat telur namun dalam seminggu ini hanya diberikan 70 ikat tiap kali datang telurnya dari distributor. Isi telur per ikatnya adalah 15 kg.

Kenaikan harga yang terlampau tinggi ini membuat agen telur seperti Maria, mengalami penurunan konsumen.

“Ini jelas ngurangin konsumen yang biasanya eceran. Kalo sisanya aman karena langganan (warung) kan masih stabil beli telurnya,” lanjut Maria sembari menimbang telur.

Menurut pantauan poskotanews, harga telur yang ditawarka warung di sekitaran Lubang Buaya – Kampung Rambutan mulai dari Rp24ribu per kilonya. Bahkan, salah satu warung di Rawa Binong, Jakarta Timur menjual telur dengan harga Rp26 ribu per kilonya.

(cw3/sir)