Friday, 18 October 2019

Gol “Tangan Tuhan” Diego Assis Bantu Persela Tundukkan Persija

Minggu, 20 Mei 2018 — 23:01 WIB
Gelandang Persela Lamongan, Diego Assis, berjibaku melewati baris pertahanan Persija dalam laga lanjutan pekan ke 9 Liga 1 Gojek 2018, di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018) malam. (twitter @PerselaFC)

Gelandang Persela Lamongan, Diego Assis, berjibaku melewati baris pertahanan Persija dalam laga lanjutan pekan ke 9 Liga 1 Gojek 2018, di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018) malam. (twitter @PerselaFC)

LAMONGAN – Persija harus kembali menelan pil pahit usai kalah 0-2 dalam pertandingan lanjutan pekan ke sembilan Liga 1 Gojek 2018 melawan tuan rumah Persela Lamongan, di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018) malam. Gol kontroversial “tangan Tuhan” membuka kekalahan Macan Kemayoran.

Baik Persela maupun Persija bermain saling menyerang sejak babak pertama. Namun, hingga 45 menit berakhir, kedua tim gagal memanfaatkan peluang yang ada.

Lima menit babak kedua berjalan, Persela kembali mendapat peluang emas melalui titik putih. Namun, Shohei Matsunaga gagal mengonversikan peluang itu menjadi gol. Sepakannya melambung di atas mistar gawang Persija.

Penalti itu didapat setelah Diego Assis dijatuhkan Maman Abdurrahman di kotak terlarang. Wasit Annas Apriliandi lantas tegas menunjuk titik putih.

Dua menit berjalan, giliran Persija gagal manfaatkan peluang yang ada. Kesempatan emas itu didapat Addison Alves, namun ia masih gagal memecah kebuntuan timnya.

Malapetaka bagi tim ibukota muncul di menit 88. Diego Assis bebas melepaskan salto namun bola membentur tiang. Pantulan bola itu kembali ia sambar tetapi sekilas tangan si pemain bermain. Wasit menyatakan gol. 1-0 untuk tuan rumah Persela.

Ismed Sofyan dkk sempat melancarkan protes keras kepada wasit. Termasuk sejumlah pemain cadangan ikut masuk lapangan untuk memprotes gol kontroversial itu. Namun wasit tetap mengesahkan gol itu.

Persija kemudian bermain lebih agresif untuk menyamakan kedudukan. Namun, gagal. Sebaliknya, Shohei Matsunaga berhasil membayar kesalahannya dengan menambah keunggulan Persela. Skor 2-0 untuk kemenangan tim asuhan Aji Santoso tercipta pada menit 90+5.

Sebenarnya wasit memberikan waktu tambahan sebanyak tujuh menit. Namun, Tim Oranye juga tak berhasil memanfaatkan penambahan waktu itu dengan baik. Skor 2-0 tak berubah hingga pertandingan bubar.

(Baca: Sambangi Persela, Saatnya Persija Bangkit)

Ini adalah kemenangan pertama Persela dalam tiga pertandingan terakhirnya di Liga 1. Hasil ini membuat Persela naik ke posisi 5 dengan 13 poin dari 9 pertandingan. Sedangkan bagi Persija kekalahan ini tidak hanya merupakan yang keempat secara beruntun bagi mereka di AFC Cup maupun Liga 1 2018, namun juga membuat posisinya terpaku di baris 13 dengan 10 poin dari 7 laga. (ys)

Terbaru

Kombes Suyudi Ario Seto pantau Kamtibmas di jalanan bersama Team Morres. (ist)
Jumat, 18/10/2019 — 10:39 WIB
Atasi Aksi Anarkis Massa
Jelang Pelantikan Presiden, Polda Metro Jaya Terjunkan Team Morres
Jumat, 18/10/2019 — 9:43 WIB
Menakar Kualitas Kabinet Baru
instagram.com/kimsoohyun_official_fan
Jumat, 18/10/2019 — 8:31 WIB
Kim Soo Hyun Siap Comeback