Wednesday, 20 November 2019

Kapan Harga Sembako Diskon!

Rabu, 23 Mei 2018 — 5:25 WIB
diskon

HARGA selalu menjadi heboh dalam bulan puasa dan menjelang Lebaran. Yang paling bikin kaget warga adalah harga sembako, yang dari tahun ketahun selalu saja naik, naik dan naik! Tapi sebaliknya harga-harga sandang alias pakaian Lebaran malah berlomba-lomba turun dengan diskon gede-gedean?

Kita tengok dulu harga sembako, dari yang paling kecil, bawang dan rempah-rempah lain kebutuhan memasak selalu naik. Begitu pula daging ayam dan daging sapi. Daging ayam, yang sebelumnya sekilo Rp 30 ribu, kini mencapai Rp35 sampai Rp40 ribu. Daging sapi yang sebelumnya Rp90 ribu sampai Rp100 ribu, kini sudah mencampai Rp120 ribu sampai Rp130 ribu?

“Tapi kebutuhan pokok sandang, harganya malah turun Pak?” kata istri Bang Jalil ketika mereka ngobrol sehabis sahur.

Bang Jalil nggak komentar. Sang istri bicara lagi. ”Kalau Bapak nggak percaya, lihat tuh di mal-mal, harga pakain pada turun. Ada yang diskon sampai 70 persen!”

Bang Jalil masih diam, sambil menyeruput kopi panas, dia bicara dalam hati. ”Memangnya para pengusaha itu bodoh apa ya? Yang terlihat turun, tapi mana pembeli tahu kalau harga dinaikkan sebelum diskon?”

Tapi ya bersyukur, karena produksi sandang Indonesia sudah swasembada. Jadi harga tetap murah, kata hati Bang Jalil.

“Ya, udah Pak, Ibu mau ke Pasar, mau beli baju mumpung diskon,” ujar sang istri.
Bang Jalil mengeluarkan uang beberapa lembar dan diserahkan pada istrinya.

“Lho, kok segini?” protes sang istri.

“Ibu kan bilang, kalau harga pakaian turun, diskon gede-gedean? Kan nggak perlu bawa uang banyak, dong. Nanti kalau mau beli daging baru tambah, karena harganya naik, oke?”

“Bapak oke, tapi Ibu nggak oke,” ujar sang istri bersungut. –massoes