Thursday, 12 December 2019

Jamu Persipura, Persija Tidak Boleh Lagi Lengah

Jumat, 25 Mei 2018 — 6:58 WIB
Riko Simanjuntak dan Marco Simic , dua pemain andalan Persija Jakarta.

Riko Simanjuntak dan Marco Simic , dua pemain andalan Persija Jakarta.

JAKARTA – Kekalahan demi kekekalahan yang ditelan tim ‘Macan Kemayoran’ Persija Jakarta, memaksa anak-anak asuh Stefano ‘Teco’ Cugurra itu tidak boleh lagi menganggap remeh lawan, termasuk saat menjamu Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di
Stadion Pakansari, Bagor, Jumat (25/5) malam WIB.

Poin penuh wajib diraih Ismed Sofyan dan kolega jika tak ingin semakin tenggelam di
papan bawah klasemen sementara.

Dari tujuh laga, Persija bahkan menghuni urutan tiga terbawah klasemen dengan 10 poin. Macan Kemayoran dikangkangi oleh rival abadi mereka, Persib Bandung yang menempati tangga keenam dengan 14 poin dari delapan laga. Situasi itu tentunya sebagai pertanda bahwa Macan Kemayoran tengah dilanda krisis performa. Tidak heran jika Teco harus menggelar latihan secara tertutup jelang menghadapi Persipura.

“Menjelang laga melawan Persipura, coach Teco meminta latihan dilakukan secara tertutup,” bunyi pernyataan salah seorang ofisialklub Persija kepada para awak media. Menggelar latihan secara tertutup adalah yang pertama kali dilakukan Teco sejak menukangi Persija musim 2018 ini. Sebelumnya, pelatih asal Brasil itu selalu menggelar latihan terbuka.

LAKUKAN PERUBAHAN

Namun setelah menelan kekalahan dalam lima laga terakhir di berbagai kompetisi secara beruntun, pelatih berusia 43 itu mulai melakukan perubahan, termasuk dengan menggelar latihan secara tertutup jelang bentrok dengan Persipura.

Hal itu semakin menunjukkan bahwa Teco benar-benar tidak ingin meremehkan Persipura yang telah menunjukkan kebangkitan pasca membantai Madura United 6-0, akhir pekan lalu.

Kemenangan itu, bahkan membawa tim berjuluk Mutiara Hitam itu berhasil mengambil alih pimpinan klasemen dengan 17 poin dari sembilan laga.

Namun berkaca dari kesuksesan Persib menekuk Persipura 2-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 12 Mei lalu, seharusnya jadi motivasi lebih bagi Macan Kemayoran untuk mengasah taring mereka dengan status sebagai tuan rumah pada laga nanti.

Sayangnya, Teco masih mengalami masalah dalam menetapkan susunan pemain yang kerap berubah-ubah dalam beberapa laga terakhir, termasuk dengan tampilnya Addison Alves sebagai pelengkap ‘trisula maut’ di lini depan.

Beruntung, Andritany dikabarkan sudah mulai berlatih secara terpisah dengan menggunakan topeng pelindung wajah. Jika tidak ada aral melintang kiper berusia 26 itu sudah bisa tampil pada laga nanti.

Di sisi lain, pelatih Persipura, Peter Butler sepertinya tidak akan banyak melakukan perubahan komposisi pemain seperti yang ia turunkan kala membantai Madura United 6-0, akhir pekan kemarin. Perlu dicatat, Persija belum pernah mengalahkan Persipura dalam tujuh pertemuan terakhir. Catatan pertemuan itu bisa menjadi pelecut bagi Persija
untuk mengakhiri paceklik kemenangan. (junius/bu)