Sunday, 15 December 2019

Korut Buktikan Janji Tutup Situs Uji Coba Nuklir

Jumat, 25 Mei 2018 — 10:59 WIB
Penutupan terowongan lokasi uji coba nuklir di Korea Utara disaksikan puluhan jurnalis dari berbagai media dunia. (reuters)

Penutupan terowongan lokasi uji coba nuklir di Korea Utara disaksikan puluhan jurnalis dari berbagai media dunia. (reuters)

KOREA UTARA – Penuhi janjinya untuk melakukan denuklirisasi, Korea Utara meledakantiga terowongan di situs uji nuklir Punggye-ri, Kamis (24/5/2018).

Dilansir Reuters, pemusnahan tersebut dilakukan di hadapan puluhan wartawan dari seluruh dunia. Disebutkan, ada enam lokasi uji nuklir yang dipakai Korut beberapa tahun terakhir.

Nuklir Korut3

Pejabat berwenang militer Korut memberikan penjelasan kepada jurnali yang hadir mengenai lokasi uji coba nuklir yang ditutup. (reuters)

“Mereka menghitung mundur: tiga, dua, satu. Lalu ada ledakan besar, kau bisa merasakannya. Debu-debu beterbangan, panas juga terasa. Suaranya sangat keras,” kata Cheshire, jurnalis dari Sky News yang ikut dalam rombongan.

Kantor berita Korut, KCNA menyebutkan, jika pemusnahan terowong tersebut memperlihatkan transparansi dihentikannya uji nuklir. “Dihentikannya uji nuklir adalah proses penting bagi perlucutan senjata nuklir global,” tulis KCNA.

Penutupan situs uji coba nuklir ini, merupakan kesepakanan antara Korea Utara dan Korea Selatan, ketika dua pimpinan mereka bertemu beberapa waktu lalu. (embun)

Terbaru

Anggota Komisi I  DPR RI, Sukamta. (rizal)
Minggu, 15/12/2019 — 19:17 WIB
UU Kewarganegaraan Ancam Imigram Muslim
PKS Desak Pemerintah Panggil Kedubes India
CEO Sahara Farah menerima piagam penghargaan dari Muri atas pemecahan rekor Gebyar 10.000 Warung. (ist)
Minggu, 15/12/2019 — 18:55 WIB
Gelar GEBYAR 10.000 WARUNG, SAHARA Ukir Rekor MURI