Friday, 06 December 2019

Bumi Manusia Difilmkan Iqbal ‘Dilan’ Ramadhan Perankan Minke

Sabtu, 26 Mei 2018 — 8:20 WIB
Foto instagram

Foto instagram

JAKARTA– Bagi pecinta sastra Tanah Air, tetralogi buru Pramoedya Ananta Toer merupakan bacaan wajib. Bahkan di negeri Malaysia, empat buku kisah Pram itu menjadi bacaan populer di sekolah : Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca.

Kini cerita tokoh Bumi Manusia diangkat ke layar perak, dengan Iqbal Ramadhan sebagai pemeran Minke, tokoh utamanya. Sutradara Hanung Bramantyo merupakan pengarahnya.

Sebelumnya Iqbal sukses dengan film Dilan 1990 sehingga nama Iqbaal Ramadhan melekat pada peran Dilan. Pendalaman karakter yang dilakukan oleh Iqbaal Ramadhan terbukti sukses mencuri hati para penggemar.

Namun, peran Dilan tersebut perlahan harus dilepaskan Iqbaal Ramadhan. Perjalanan karier mengharuskan aktor berusia 19 tahun itu berkembang dan menjiwai karakter lain dalam film berbeda.

Iqbaal Ramadhan dipercaya Falcon Pictures memerankan tokoh Minke dalam film adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Noer, Bumi Manusia. Ia pun yakin bisa melepaskan karakter Dilan dan menggantinya dengan Minke.

Karena sudah pernah membaca novel Bumi Manusia, Iqbaal sudah mempunyai gambaran mengenai sosok Minke. Menurut dia, Minke adalah sosok yang berani dan karismatik.

“Minke berani melawan demi budayanya. Itu penting untuk Indonesia saat ini. Indonesia sudah terbawa roots globalisasi. Jadi kita jangan terbawa. Mau sudah terbawa arus globalisasi, tapi harus tetap menjadi orang Indonesia, mengusung budaya Indonesia,” ucap Iqbaal usai jumpa pers Bumi Manusia di Desa Gemplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5).
– dms