Tuesday, 12 November 2019

Pensiunan Dapat Gaji Ke-13 Semoga Berlaku Tiap Tahun

Senin, 28 Mei 2018 — 8:54 WIB
thrpenisu

LEBARAN 1439 H kali ini para kaum pensiunan ikut bergembira, karena pemerintah memberikan juga THR dan gaji ke-13. THR akan dibagikan awal Juni, sementara gaji ke-13 bulan Juli, sekaligus menghadapi tahun ajaran baru. Semoga saja kebijakan ini berlaku setiap tahun, jangan karena menghadapi Pilpres 2019 saja.

Selama ini pensiunan hanya ikut mendapat gaji ke-13 saja. Tapi tumben-tumbenan pemerintah berbaik hati memberikan juga THR sebagaimana PNS yang masih aktif. Beberapa hari lalu Presiden Jokowi sudah mengumumkan rencana pemberian THR dan gaji ke-13 itu bagi PNS, TNI-Polri, termasuk juga kaum pensiunan. Untuk membahagiakan aparatur sipil dan militer itu negara menganggarkan sampai Rp 365,7 triliun.

Selama ini kaum pensiunan setiap Lebaran hanya denger doang adanya THR itu. Bagi mereka, THR itu sebuah fiksi. Padahal meski sudah pensiun, di rumah tetap saja ikut merayakan Idul Fitri bersama anak cucu. Mungkin pemerintah berdalih, “Kan sudah ada anak dan cucunya yang memberikan THR untuk kakek-neneknya.”

Pada Lebaran 1439 H ini pensiunan bolehlah ikut berbahagia. Tapi seperti pembagian tahun-tahun sebelumnya, awal Juni ini baru dibagikan untuk THR-nya saja. Sedangkan gaji ke-13 akan dibagikan bukan Juli untuk menghadapi tahun ajaran baru, di mana-mana anak-anak PNS juga daftarkan ke sekolah ini itu untuk menjadi peserta didik.

Banyak pihak yang mencurigai, pembagian THR sampai kaum pensiunan itu karena berkaitan dengan tahun politik, di mana 17 April 2019 ada Pemilu Legislatif dan Pilpres. Biar sudah pensiunan, tapi hak suaranya sebagai pemilih kan tidak ikut pensiun. Itung-itung ini sebagai perangsang menuju bilik TPS kelak.

Vokalis DPR sebagaimana Fadli Zon termasuk yang mempertanyakan, kenapa kaum pensiunan dapat THR tapi pegawai honorer yang belum jelas nasibnya tak dapat juga. Apa karena tahun politik? Lho, sebagai Wakil Ketua DPR kok baru tanya sekarang. Bukankah rencana THR untuk pensiunan ini juga sudah dibicarakan dengan DPR?

Untuk menghindari kecurigaan publik, seyogyanya THR untuk pensiunan ini ditradisikan setiap tahun, sepanjang keuangan negara mampu. Ketimbang duitnya bubar digerogoti tikus-tikus berdasi. Dibagi buat kaum pensiunan kan barokah. – gunarso ts