Monday, 21 October 2019

Batalkan Laga Persahabatan dengan Israel di Jerusalem, Timnas Argentina Dapat Pujian

Rabu, 6 Juni 2018 — 8:36 WIB
Sesi latihan Argentina di Barcelona pada Selasa juga diwarnai demonstrasi

Sesi latihan Argentina di Barcelona pada Selasa juga diwarnai demonstrasi

ARGENTINA– Tim Nasional Argentina dipuji telah melakukan keputusan yang tepat membatalkan laga persahabatan dengan Israel yan seharusnya digelar di Jerusalem, pekan ini.

Selain demi keselamatan pemain dan fans, tentu pembatalan pertandingan itu juga harus menjaga perasaan Palestina dan negara-negara muslim lainnya. Pasalnya sekarang ini tentara Isarael masih terus menembaki warga Palestina yang memprotes penempatan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jerusalem.

Tentu pembatalan ini juga akhirnya tidak mengurangi dukungan negara-negara Arab yang selama ini banyak dari negara-negara Arab dan muslim lainnya.

Warga Palestina banyak mengangungi Lionel Messi mega bintan Argentina. Sangkin jengkelnya warga Palestina sempat mengancam akan membakar foto dan jersey Lionel Messi sebagai bentuk protes terhadap pertandingan tersebut.
Laga pemanasan sebelum terbang ke Rusia melawan Israel sebetulnya dijadwalkan digelar di Jerusalem, Sabtu (9/6), harus dibatalkan menyusul derasnya protes.

Menurut sumber yang dekat dengan FA Argentina, kekhawatiran terkait keamanan pemain dan fans menjadi penyebab pembatalan laga tersebut. Kunjungan para penggawa Albiceleste ke Tembok Ratapan pun turut dibatalkan.
Sesi latihan Argentina di Barcelona pada Selasa juga diwarnai demonstrasi, dengan para pengunjuk rasa mengenakan jersey Albiceleste bersimbah “darah”.

Penyerang Tim Tango Gonzalo Higuain mengamini keputusan pembatalan pertandingan ini, dengan mengatakan: “Mereka akhirnya melakukan hal yang tepat”.

Laga yang sedianya digelar di Teddy Kollek Stadium seharusnya menjadi pertandingan terakhir sebelum mereka memulai kampanye Piala Dunia di Rusia melawan Islandia pada 16 Juni. Sebelum ini, tim Jorge Sampaoli menghadapi Haiti di Buenos Aires, di mana Argentina menang 4-0 berkat hat-trick Lionel Messi. (b)