Wednesday, 23 October 2019

Indonesia Tepilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Jumat, 8 Juni 2018 — 22:51 WIB
pbb

JAKARTA -Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. Indonesia terpilih melalui pemungutan suara Majelis Umum PBB bersama Jerman, Republik Dominika yang dilangsungkan di kantor pusat PBB di New York, Amerika Serikat, Jumat (8/6).

Indonesia berhasil meraup 144 suara, melampaui jumlah minimal sebanyak 127 suara. Pengumuman terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dibacakan oleh Presiden Majelis Umum PBB Miroslav Lajčák sebagai pemimpin sidang.

“Republik Dominika, Jerman, Indonesia, Afrika Selatan, terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB untuk dua tahun,” ucap Lajčák di ruang sidang Majelis Umum PBB. Tampak Menteri Luar Negeri Retno Marsudi didampingi Duta Besar Indonesai untuk PBB Dian Triansyah Djani hadir di ruang Sidang Majelis Umum PBB.

Dalam tayangan langsung Retno tampak mengucapkan rasa syukurnya ketika pemimpin sidang mengumumkan hasil pemungutan suara. Indonesia sebelumnya pernah menjadi anggota tidak tetap DK PBB sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1973-1974, 1995-1996 dan 2007-2008.

DK PBB terdiri dari 15 negara anggota. Lima negara anggota pemilik hak veto yaitu Amerika, Rusia, China, Inggris dan Perancis serta 10 anggota tidak tetap yang dipilih untuk periode dua tahun. Negara-negara yang terpilih sebagai anggota tidak tetap DK ditentukan sesuai wilayah dan kelompok-kelompok kawasan yang mengajukan calon.(us)