Saturday, 19 October 2019

Indonesia Anggota Tidak Tetap DK PBB, Ini Kata Jokowi

Minggu, 10 Juni 2018 — 9:18 WIB
Presiden Joko Widodo. (dok)

Presiden Joko Widodo. (dok)

JAKARTA –Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB), Presiden Joko Widodo unggah rasa syukurnya di akun twitter @jokowi, Minggu (10/6). Dalam unggahannya itu Presiden mengatakan Indonesia harus berperan dalam ketertiban dunia.

“Alhamdulillah, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Kita akan berperan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial -Jkw,” kata Presiden Jokowi di akun twitternya @jokowi.

Pemilihan Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB setelah proses pemilihan dalam sidang Majelis Umum PBB, di New York, Amerika Serikat (AS) pada Jumat (8/6). Indonesia berhasil menjadi anggota Dewan Keamanan PBB setelah memperoleh dukungan 144 suara dari 193 suara dalam pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) periode 2019-2020. Indonesia terpilih bersama Belgia, Republik Dominika, Afrika Selatan, dan Jerman.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, Indonesia diantaranya akan fokus dalam memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global setelah terpilih menjadi anggota tak tetap DK PBB. Indonesia. Indonesia akan mendorong budaya dialog dalam menyelesaikan konflik, serta meningkatkan kapasitas pasukan perdamaian PBB termasuk peran perempuan.(us)