Sunday, 08 December 2019

Memudahkan Penumpang, Kini Bandara Soekarno-Hatta Gunakan TOD

Kamis, 21 Juni 2018 — 20:28 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soekarno-Hatta International Airport – SHIA) telah menyediakan fasilitas Transit Oriented Development (TOD) serta Parkir Inap untuk memudahkan para calon penumpang, terutama dalam rangka Idul Fitri 1439 H.

Transit Oriented Development (TOD) merupakan kawasan yang dipersiapkan untuk memindahkan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Bandara International Soekarno-Hatta.

Nanti dari TOD penumpang disiapkan dengan bus oleh pengelola bandara menuju Terminal 1, 2, dan 3, serta menuju Stasiun Kereta Bandara dan perkantoran di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas bus yang disediakan juga tidak dipungut biaya alias gratis.

TOD yang ada saat ini berdiri di atas lahan seluas 4.600 m2 ini ke depannya akan dilakukan perluasan lahan menjadi 6.100 m2. Langkah ini perlu diambil guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kendaraan.

Nantinya setelah dilakukan pengembangan, diharapkan TOD mampu menyediakan 7.500 parkir kendaraan roda dua dan 192 parkir mobil. Nantinya fasilitas parkir akan menggunakan sistem knock down 4 tingkat.

Saat ini tercatat  parkir kendaraan roda dua (keluar dan masuk) per hari mencapai 8.124 kendaraan. Secara keseluruhan, TOD telah dipersiapkan untuk mampu menampung 6.000 kendaraan roda dua.

Sedangkan untuk layanan parkir inap, Angkasa Pura II telah menyediakan sejumlah lokasi bagi para pengguna jasa fasilitas parkir inap titik-titik Parkir Inap di Bandara Soekarno-Hatta sebagai berikut ini.

Pertama Parkir Inap 1 Timur berlokasi di samping Tower LPPNPI, kapasitas 488 lot. Kedua, parkir Inap 2 Barat berlokasi di depan Stasiun Kereta Bandara, kapasitas 347 lot.  Kemudian Parkir Inap Tambahan T2 berlokasi di dekat parkir musholla, kapasitas parkir 162 lot; dan

Parkir Inap Tambahan T1 berlokasi di ex Pangkalan Damri, kapasitas 80 lot.

Dengan total lahan parkir sebanyak 1.077 lot dan waktu operasional parkir 24 jam, para penumpang tidak perlu khawatir akan ketersediaan lot parkir, (dwi/win)

Terbaru

kegiatan parade lagu daerah yang membuat TMII meraih Adikarya Wisata 2019. (Ifand)
Minggu, 8/12/2019 — 8:27 WIB
Promosikan Budaya Daerah,
Pemprov DKI Anugerahi TMII Adikarya Wisata 2019