Tuesday, 12 November 2019

Libur Lebaran, Banyak Pasien Hipertensi Serbu Puskesmas

Jumat, 22 Juni 2018 — 18:56 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Selama musim libur Lebaran, seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskemas) di Jakarta Utara tetap beroprasi. Tercatat, sebanyak 29.724 pasien terlayani di RSUD Kecamatan, puskesmas kelurahan dan kecamatan se Jakarta Utara.

Kesudin Kesehatan Jakarta Utara, Helmi mengatakan dari sejumlah pasien  berobat banyak mengeluhkan mengenai penyakit seperti hipertensi dan pegal-pegal.

Pasien hipertensi, kemungkinan karena pola makan selam libur lebaran langsung bebas. “Selebihnya seperti sakit kepala, meriang dan lain sebagainya,” ungkap Helmi, Jumat (22/6).

Tak hanya itu, selama itu juga pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka selama 24 jam. “Petugas medis, dokter dan farmasi di kecamatan tetap disiagakan 24 jam selama masa cuti. “Mereka melayani warga dengan penuh kasih,” katanya.

Sementara itu, untuk playanan di seluruh puskesmas kelurahan yang ada selama libur Lebaran hanya beroperasi hingga pukul 12:00 setiap harinya. Sama seperti hari biasa, pada tanggal merah layanan juga tidak beroperasi.

“Kalau selama puasa seluruh layanan kita tetap berjalan normal, tanpa terkecuali,” tandasnya. Namun bila dibandingkan selama libur Lebaran, jumlah pasien memang lebih sedikit banyak pada selama bulan Ramadhan. (deny/win)