Tuesday, 12 November 2019

Jokowi : Pembangunan Infrastruktur Fisik Bagian Penting Pembangunan Budaya

Sabtu, 23 Juni 2018 — 22:00 WIB
Jokowi saat memberikan kuliah umum di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Kota Denpasar, Bali

Jokowi saat memberikan kuliah umum di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Kota Denpasar, Bali

JAKARTA – Presiden Jokowi menegaskan pembangunan infrastruktur fisik tersebut adalah bagian penting dari pembangunan infrastruktur budaya.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan kuliah umum di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Kota Denpasar, Bali, Sabtu) 23/6).

“Pembangunan infrastruktur fisik adalah bagian penting dari pembangunan infrastruktur budaya. Yaitu infrastruktur yang akan semakin mempersatukan 714 suku di bumi Nusantara ini,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, bandara, dan tol laut yang terus digenjot pemerintah selama 3 tahun terakhir ini, akan membangun dan membentuk peradaban bagi bangsa Indonesia ke depan.

Presiden juga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur fisik merupakan tahapan besar pertama dalam pembangunan yang segera akan disambung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Selain itu, lanjut Jokowi, pembangunan juga memajukan kebudayaan dan kesenian di masyarakat, yang akan semakin meningkatkan rasa keadilan bagi seluruh rakyat.

Kepala Negara menjelaskan, saat bangsa Indonesia memulai pembangunan fisik seperti jalan tol atau bahkan MRT dan LRT, sesungguhnya saat itulah bangsa Indonesia sedang mulai membangun infrastruktur budaya baru.

“Melalui pembangunan MRT, kita sedang membangun budaya baru, peradaban baru dalam bidang transportasi massal. Peradaban baru yang tidak ada pembandingnya dalam sejarah masa lalu kita,” Jokowi menegaskan. (Johara/b)