Thursday, 05 December 2019

Binduk Jakbar Akan Sisir Pendatang Baru di Grogol-Petamburan

Minggu, 1 Juli 2018 — 10:13 WIB
Petugas Sudin Dukcapil Jakbar saat menyisir penghuni di satu apartemen di kawasan Kembangan. (Rachmi)

Petugas Sudin Dukcapil Jakbar saat menyisir penghuni di satu apartemen di kawasan Kembangan. (Rachmi)

JAKARTA –  Pendatang baru yang usai lebaran disinyalir menjamur di kawasan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan (Gropet) akan dirazia petugas Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat.

Tim akan bergerak pada 10 Juli mendatang di lokasi tersebut melalui Pembinaan Kependudukan (Binduk).

“Jakarta terbuka bagi para pendatang baru dari berbagai daerah. Namun sebaiknya mereka diharapkan memiliki ketrampilan dan keahlian agar tidak terluntang-lantung di ibukota yang akhirnya dapat merugikan pendatang baru itu sendiri,” kata Plt Kepala Sudin Dukcapil Jakbar, Edi Supriadi, Minggu (1/7/2018).

Menyikapi serbuan pendatang baru tersebut lanjut Edi, pihaknya akan mengerahkan petugas gabungan melalui Binduk untuk menyasar lokasi strategis yang kerap menjadi incaran pendatang baru mulai lingkup apartemen, rumah kost, dan kontrakan di permukiman.padat penduduk.

“Binduk bertujuan mendata pendatang baru agar terwujudnya tertib administrasi kependudukan sesuai Peraturan Daerah (Perda) No.2 tahun 2013 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil,” ujar Edi yang juga Sekretaris Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

Sebagai tahap awal, tim Sudin Dukcapil Jakbar akan merazia pendatang baru di RW 05 Kelurahan Tanjung Duren Selatan. Di lokasi tersebut merupakan kantong-kantong permukiman strategis seperti rumah kost dan kontrakan. Serta kawasan perkantoran dan usaha komersil.

Agar tidak terjaring Binduk, ia mengimbau pendatang baru supaya mengurus administrasi kependudukan dengan melapor ke petugas RT-RW dan kelurahan terdekat. Selanjutnya pendatang baru akan mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). (Rachmi)