Friday, 06 December 2019

2.207 Jamaah Haji Kabupaten Bekasi Siap Lahir Bathin

Rabu, 4 Juli 2018 — 13:39 WIB
Pembinaan manasik haji tingkat Kabupaten Bekasi terakhir di Gedung OSO Grand Wisata, Tambun Selatan. (saban)

Pembinaan manasik haji tingkat Kabupaten Bekasi terakhir di Gedung OSO Grand Wisata, Tambun Selatan. (saban)

BEKASI – Sebanyak 2.207 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Bekasi tahun 2018, mengaku siap lahir bathin untuk berangkat ke tanah suci dengan tujuan ibadah.

Hal ini disampaikan para Calhaj seusai mengikuti Bimbingan manasik haji (Bimsih) Calhaj Kabupaten Bekasi, terakhir  di Gedung OSO, Grand Wisata, Tambun Selatan, Rabu (04/07).

“Insha Allah siap lahir bathin,” ujar Syaiful, salah satu Calhaj, asal Tambun Selatan. Dia mengaku senang sudah mengikuti bimbingan manasik di tingkat kecamatan dan mendapat pengetahuan manasik dari tutor yang sudah pengalaman.

Menurutnya, kegiatan manasik diharapkan jauh sebelum puasa sehingga dapat dilaksanakan dengan khusuk.

Sementara itu Shobirin, Kepala Kemenag Kabupaten Bekasi, mengatakan Bimsih dilaksanakan supaya Calhaj paham dan mengerti ilmu manasik haji, “Mudah-mudahan jamaah sehat sampai kembali ke tanah air ” ukar Shobirin.

Dia juga menyebutkan kegiatan yang didukung para kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Kabupaten Bekasi sebanyaK enam kali pertemuan di masing-masing kecamatan dan dua pertemuan untuk tingkat kabupaten.

“Pertama dilakukan pada Selasa (05/06/018) melibatkan seluruh Calhaj di Gedung OSO, Grand Wisata, Tambun Selatan,” Shobirin.

Dari 23 kecamatan yang pelaksanaan Bimsih ada di 14 kecamatan, untuk kecamatan yang calhajnya banyak seperti Tarumajaya, Babalen, Tambun Selatan, Cikarang Barat, Setu, Cikarang Timur, Cibarusah, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Cikarang Utara dan  Cibitung mengadakan sendiri.

Kecamatan yang jumlah Calhajnya melimpah adalah Tambun Selatan, sebanyak 419 orang dan yang sedikit Kecamatan Bojongmangu hanya 9 orang.

Sementara itu Suparman, Ketua Forum KBIH Kabupaten Bekasi, berharap para pimpinan KBIH yang ikut mendampingi jamaah melaksanakan tugasnya  tidak hanya melayani jamaahnya saja,

“Bimbing juga jamaah lain yang memerlukan bantuan,” ujarnya.

Untuk tahun ini Calhaj Kabupaten Bekasi sebanyak  2.207 orang dengan 9 petugas. Kloter awal untuk Kabupaten Bekasi adalah Kloter 3 yang direncanakan berangkat apda 17 Juli 2018. (saban/tri)