Tuesday, 19 November 2019

Ini Kata Jokowi Soal Menteri Mau Mundur

Jumat, 6 Juli 2018 — 21:44 WIB
Presiden Joko Widodo. (dok)

Presiden Joko Widodo. (dok)

JAKARTA –Presiden Joko Widodo mempersilakan menteri-menterinya yang mau menjadi anggota DPR pada Pemilu 2019. Bahkan Presiden mempersilakan mereka untuk kampanye asalkan tidak mengganggu tugasnya.

“Sebagian menteri dari partai politik. Mereka juga ditugaskan partai untuk hal politik, salah satunya menjadi caleg. Saya kira wajar kalau mereka ditugaskan menjadi caleg,” ujar Jokowi, Jumat (6/7).

Meskipun di luar sudah ramai diberitakan media adanya anggota kabinet yang mau jadi anggota DPR, tapi menurut Presiden Jokowi, belum ada menterinya yang meminta izin untuk menjadi calon anggota DPR pada Pemilu 2019.

Pernyataan Presiden ini sekaligus untuk merespons isu sejumlah menteri akan mundur untuk menjadi caleg seperti yang kali pertama dilontarkan Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi. “Ya sampai sekarang belum ada yang menyampaikan ke saya. Ya dipersilakan (kalau ada yang mau ikut Pemilu 2019),” kata Jokowi santai.

Menteri yang mau ikut Pemilu 2019, kata Jokowi, tidak perlu keluar dari kabinet kerja. Mereka hanya diminta mengajukan izin kepadanya saja. “Ya berarti izin saja, kalau mau kampanye jangan sampai mengganggu tugas. Kan bisa izin cuti,” jelasnya.

Kalau pun pada akhirnya harus kampanye, menteri juga bisa digantikan oleh menteri koordinator atau menteri terkait, sesuai aturan yang ada. Menurutnya hal itu sama saja seperti kalau menteri ke luar negeri ada menteri lain yang menggantikan.(us)