Friday, 06 December 2019

Tekuk Vietnam 0-1 Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-19

Sabtu, 7 Juli 2018 — 21:09 WIB
Timnas U19 (PSSI on Instagram)

Timnas U19 (PSSI on Instagram)

JAKARTA– Tim Nasional U-19 memastikan diri masuk semifinal Piala AFF U-19 setelah mampu menang tipis 1-0 atas Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur Sabtu (7/7/2018).

Pertemuan dengan Thailand di laga terakhir hanya menentukan juara grup A. Sementara Indonesia unggul dari empat kali menang mengemas 12 poin sedangkan Thailand yang sudah bermain empat kali, meraih 10 poin berada di posisi kedua.

Indonesia tinggal bermain imbang melawan Thailand maka otomatis jadi juara grup.
Sebelumnya Thailand menang telak 5-0 atas timnas U-19 Filipina di Stadion Gelora Delta. Lima gol Thailand dicetak oleh Korawich Tasa (37′, 54′, 79′), Pithak Phapirom (57′), dan Sarawut Munjit (59′).

Kemenangan telak juga diraih timnas U-19 Laos. Mereka menang telak 5-0 atas Singapura. Kittisak Phomvongsa pada menit ke-6, Lextoxa Thongsavath (21′), Chitpasong Lattahachack (30′), serta brace dari Bounphachan Bounkong pada menit ke-38 dan (62′).

JUAL BELI SERANGAN

Laga Indonesia melawan Vietnam berlangsung seru dan kedua tim mempertontonkan jual beli serangan.

Vietnam terlebih dahulu mengancam lewat pergerakan Le Van Xuan yang akhirnya masih bisa ditangkal oleh pemain belakang Indonesia.

Indonesia membalas melalui Asnawi Mangkualam yang melepas umpan kepada Feby Eka Putra di kotak penalti, sayang kans itu kandas.

Menit ke-28, Vietnam nyaris unggul lewat serangan balik yang dilancarkan oleh Le Van Nam .
Namun mampu ditahan kiper Indonesia, Riyandi. Paruh pertama tetap 0-0.

Memasuki babak kedua Indonesia langsung menekan pertahanan Vietnam.Pemain belakang Vietnam harus bermain keras untuk menghentikan laju pemain Indonesia. Beberapa kali Witan sampai Feby harus terjatuh dan kesakitan.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo Ferre Pemain asal Papua itu memang beberapa kali menjadi pembeda permainan Garuda Nusantara pada beberapa laga sebelumnya.

Benar saja, menit ke-81 kebuntuan Indonesia pecah lewat tendangan Rafli Mursalim. Tapi kredit tinggi boleh disematkan kepada Rivaldo, yang menggiring bola dari lini tengah hingga melepaskan bola yang membentur mistar gawang dan kemudian disambar oleh Rafli. Kedudukan 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.(b)