Thursday, 21 November 2019

Indonesia Bidik Juara Umum ASG 2018

Selasa, 17 Juli 2018 — 20:09 WIB
Menpora Imam Nahrawi Berfoto bersama usai melepas kontingen Indonesia untuk ASEAN School Games 2018.

Menpora Imam Nahrawi Berfoto bersama usai melepas kontingen Indonesia untuk ASEAN School Games 2018.

JAKARTA – Kontingen Indonesia membidik gelar juara umum pada ajang ASEAN School Games (ASG) X/2018, di Malaysia pada 20-26 Juli mendatang. Ditargetkan 26 medali emas dari delapan cabang olahraga (cabor) bisa dibawa pulang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengatakan kontingen Indonesia sejatinya pernah menjadi juara umum pada ajang multievent khusus pelajar edisi 2015 di Brunei Darussalam. Saat itu, kontingen Merah-Putih mampu meraih 25 emas, 24 perak, dan 10 perunggu.

Kali ini, Menpora berharap sukses twrsebut bisa diulangi di Malaysia. “Kita pernah menjadi juara umum di ASG Brunei Darussalam. Kalian harus berangkat dengan semangat besar. Semoga mampu menjadi juara umum,” kata Menpora usai melepas kontingen Indonesia untuk ASG 2018 di kantor Kemenpora, Selasa (17/7/2018).

Menurutnya, peluang Indonesia untuk menjadi juara umum di ASG tahun ini seiring semangat yang dikobarkan masyarakat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Apalagi dengan memberikan prestasi terbaik di ajang internasional, akan lebih mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

“Seperti yang dilakukan Zohri (Lalu Muhammad Zohri red), kita telah membuktikan bahwa sesungguhnya kita bisa berprestasi di ajang internasional. Saya harap dari ajang ini juga bisa lahir Zohri-Zohri di masa depan,” harapnya.

Pada kejuaraan tahunan ini, kontingen Indonesia akan bersaing dengan atlet pelajar terbaik di sepuluh negara di Asian Tenggara. Kontingen Indonesia akan berlaga di delapan dari 10 cabor yang diperlombakan, yakni atletik, renang, bulutangkis, sepak takraw, bola voli, basket, senam dan squash. Dari delapan cabor tersebut, renang bakal menjadi tumpuan.

kontingen

Hal ini berkaca dari hasil yang diraih pada ASG tahun lalu di Singapura. Dari cabor renang, kontingen Indonesia berhasil mengantongi 20 emas. Khusus untuk di Malaysia, tim renang ditarget mampu menyumbang lebih banyak medali demi memenuhi target 26 emas dan finis di urutan teratas alias juara umum.

Tuan rumah Malaysia, Thailand dan Vietnam jelas bakal menjadi pesaing ketat. Namun, Indonesia telah bersiap diri untuk bersaing pada kejuaraan tahunan khusus pelajar ini. DI ASG tahun ini, kontingen Indonesia akan berkekuatan 158 atlet dan 31 pelajar. “Atlet yang dikirim adalah hasil binaan PPLP. ASG merupakan kejuaraan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya,” kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana.

Selain 158 atlet dan 31 pelajar, kontingen Indonesia juga didukung dengan tujuh manajer, tujuh wasit dan 27 ofisial. Kejuaraan khusus pelajar ini tidak hanya prestasi olahraga saja yang menjadi target. Selain itu juga untuk mencari jam terbang sebelum naik level untuk tingkat Asia maupun dunia. Selain itu juga untuk mengenal budaya masing-masing negara peserta. (junius/yp)

Terbaru

bri
Jumat, 22/11/2019 — 1:09 WIB
Panglima TNI Terima Kunjungan Direksi BRI
Wali Kota Depok Muhammad Idris saat melantik sekitar 55 orang administrator dan pengawas di lingkungan Kota Depok. (anton)
Kamis, 21/11/2019 — 23:34 WIB
Usai Mutasi, 55 ASN Depok Dilantik Mendadak
Indra Syafrie
Kamis, 21/11/2019 — 23:13 WIB
SEA Games 2019
Timnas Indonesia Tiba di Filipina