Thursday, 21 November 2019

Belum Bayar Pajak, 30 Kendaraan Terjaring Razia PKB

Rabu, 25 Juli 2018 — 17:37 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA – Nunggak pajak, puluhan kendaraan terjaring petugas saat menggelar operasi pengesahan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran. Dalam operasi ini sebanyak 45 petugas gabungan dikerahkan dan menyetop kendaraan baik roda dua dan empat.

Kepala Unit PKB BBNKB Jakarta Selatan Samsat Polda Metro Jaya, Khairil Anwar, mengatakan razia terhadap kendaraan yang belum membayarkan PKB ini dilakukan sesuai dengan UU nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan STNK harus diperpanjang setiap satu tahun. Dalam operasi ini sasarannya hanya pengendara yang belum membayar pajak.

“Kami gelar razia bagi kendaraan yang belum bayar pajak atau pengesahan untuk semua jenis kendaraan baik roda dua, roda empat, maupun angkutan barang. Dalam operasi ini sebanyak 45 petugas gabungan kami kerahkan,” kata Khairil, Rabu (25/7/2018).

Menurutnya, dalam operasi ini 30 kendaraan yang belum membayar pajak terjaring. Para pengendara yang terjaring ini diberi pilihan yakni denda tilang atau membayarkan pajaknya di loket yang telah disediakan.

Makanya dalam operasi ini pihaknya juga menyediakan loket pembayaran pajak kendaraan untuk pengendara yang ingin membayar langsung. “Tapi jika belum mau membayar maka dikenakan tilang dan membuat surat dan pernyataan,” ujarnya.

Surat pernyatraan ini kata Khairil, pengendara hanya diberikan waktu lima hari untuk membayarkan pajaknya. Jika dalam waktu yang telah ditentukan makan STNK kendaraan akan terblokir.

Khairil menyampaikan Badan Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta tengah melakukan program penghapusan denda PKB mulai 27 Juni hingga 31 Agustus.

Momentum, ini masyarakat harus bisa memanfaatkan kebijakan karena sedang ada penghapusan denda pajak. (wandi/yp)