Thursday, 17 October 2019

Adik Ketua MPR Resmi Tersangka Suap

Jumat, 27 Juli 2018 — 21:20 WIB
Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di gedung KPK (cw6)

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di gedung KPK (cw6)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan sebagai tersangka terkait dugaan suap sejumlah proyek di wilayahnya.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara dari penyelidikan ke penyidikan dengan menetapkan 4 orang sebagai tersangka,” ucap Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018).

Empat orang itu, selain Zainudin Hasan yang merupakan adik Ketua Umum PAN, yang tersangka adalah Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Selatan Anjar Asmara serta Gilang Ramadhan selaku pihak swasta dari CV 9 Naga.

Zainudin, Agus dan Anjar diduga menerima suap ratusan juta rupiah dari Gilang.  Atas perbuatannya, Zainudin dan Anjar serta Agus dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-l KUHP. (CW6/us)