Saturday, 07 December 2019

Sandi Ingin Tradisi Palang Pintu Digunakan Sambut Peserta Asian Games

Sabtu, 28 Juli 2018 — 22:16 WIB
Sandiaga saat menghadiri acara Lebaran Betawi di Setu Babakan

Sandiaga saat menghadiri acara Lebaran Betawi di Setu Babakan

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan tradisi Palang Pintu yang menjadi budaya masyarakat Betawi bisa digunakan untuk menyambut peserta Asian Games 2018.

“Tadi ada palang pintu. Bagaimana kalau nanti Asian Games juga banyak palang pintu yang bisa kita kerahkan menyambut tamu-tamu. Kagak boleh masuk Jakarta sebelum palang pintu,” kata Sandiaga saat menghadiri acara Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7/2018).

Menurut Sandiga, hal itu akan sangat menarik bagi wisatawan yang datang ke Indonesia sekaligus memperkenalkan salah satu budaya yang ada di Indonesia.

“Saya saja setiap kali datang ke wilayah Betawi harus palang pintu. Paling tidak Bamus Betawi berperan agar para atlet kalau mau masuk ke venue ada palang pintu juga, jadi silat kita kembangkan,” ujar Sandiaga.

Palang Pintu sendiri, lanjut Sandiaga, bisa saja menggunakan bahasa Ingris atau bahasa Melayu ketika berdialog dan beradu pantun.

“Kita jadikan lebih menarik lagi kalau pakai bahasa asing, misalnya inggris dikenal atau bahasa mandarin. Ini juga dapat menjadi ide baru,” tandas Sandiaga. (Yendhi/b)