Wednesday, 20 November 2019

Sepanjang 6 Tahun KPK Sudah Tangkap 32 Kepala Daerah

Minggu, 5 Agustus 2018 — 13:31 WIB
Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, kepala daerah yang terakhir ditangkap KPK.(Cw6)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, kepala daerah yang terakhir ditangkap KPK.(Cw6)

JAKARTA –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak henti menangkap kepala daerah yang terlibat kasus koruspi. Terbukti, sejak tahun 2012-2018 ini, sudah 32 kepala daerah yang ditangkap .

Menariknya, penangkapan kepala daerah yang terlibat korupsi, paling besar ialah di tahun 2018. Minggu pertama Agustus 2018 saja, KPK sudah menangkap 15 kepala daerah.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, modus korupsi sejumlah kepala daerah yang tertangkap diantaranya terkait suap proyek infrastruktur atau pengadaan.

“Ada juga pengisian jabatan, perizinan, pengurusan dan pengesahan anggaran, pengesahan peraturan atau APBD, alih fungsi hutan dan tukar menukar kawasan hutan, dan lain-lain,” ucapnya, Minggu (5/8/2018).

KPK meningkatkan proses hukum yang telah dilakukan pada sejumlah kepala daerah ini akan menjadi pelajaran bagi para kepala daerah terpilih di Pilkada 2018.

“Agar tidak melakukan hal yang sama saat menjabat,” tandas Febri.

Kepala yang terakhir ditangkap adalah Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, yang merupakan adik kandung Ketua MPR Zulkifli Hasan.(Cw6/tri)