Friday, 06 December 2019

Tekuk Laos 0-1 Malaysia Jumpa Indonesia di Semifinal AFF U-16

Selasa, 7 Agustus 2018 — 19:05 WIB
Bagus Kahfi menerima bola dari wasit sebagai penghargaan. (twitter @AFFPresse)

Bagus Kahfi menerima bola dari wasit sebagai penghargaan. (twitter @AFFPresse)

JAKARTA– Dramatis, Malaysia berhasil menyingkirkan Laos dari Semifinal Piala AFF U-16 2018 setelah menang tipis 1-0 pada laga terakhir penyisihan Grup B di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa (7/8/2018).

Dengan kemenangan ini Malaysia akan bertemu dengan Indonesia yang jadi juara Grup A. Sementara Thailand juara Grup B akan bertemu Myanmar runner-up Grup A.

Tragisnya Malaysia menang akibat gol bunuh diri yang dilakukan pemain Laos, Anoulack Vannalath, saat laga baru berjalan empat menit. Laos, yang sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018, harus bekerja keras untuk bisa menyamakan kedudukan.
Namun, Malaysia mampu bertahan dengan baik hingga laga usai. Laos pun tersingkir dari Piala AFF U-16 2018 dan gagal menghadapi Timnas Indonesia U-16 di semifinal.

Malaysia akhirnya dari empat kali laga mengemas sembilan poin berselisih satu Thailan dan berselisih dua poin dari Laos.
Menanggapi bakal bertemu Malaysia, Kapten Indonesia U-16, David Maulana, menegaskan dia dan kawan-kawan tidak gentar. Justru bertemu Malysia justru akan termotivasi untuk membawa skuat Garuda Asia lolos ke final. Apalagi dia sudah memiliki gambaran mengenai gaya permainan Malaysia.

Mengingat, kedua tim sebelum turnamen sempat beruji coba di Petaling Jaya, 6 Juli lalu. Ketika itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 4-3.

Maka itu, jelang laga ini ada tiga hal yang menjadi perhatian David. “Kami jadikan kekalahan di Malaysia sebagai pelajaran untuk tampil lebih bagus lagi,” kata David.

“Yang terpenting kami harus tetap fokus, kompak, dan semua harus menjaga kondisi,” jelas pemain asal Medan itu.(b)