Friday, 06 December 2019

Peluang Indonesia Vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-16

Rabu, 8 Agustus 2018 — 17:57 WIB
Timnas U-16 Indonesia. (pssi.org)

Timnas U-16 Indonesia. (pssi.org)

SIDOARJO – Laga penuh gengsi antara Timnas Indonesia versus Malaysia kembali tersaji pada semifinal Piala AFF U-16 2018. Duel rival abadi yang akan berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) mulai pukul 19.00 WIB, ini diprediksi bakal berlangsung panas.

Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal dengan predikat juara Grup A setelah meraih hasil sempurna dalam lima pertandingan penyisihan. Skuat asuhan Fakhri Husaini memimpin klasemen dengan poin 15.

Hebatnya lagi, timnas Indonesia U-16 juga menjadi tim tersubur dengan koleksi 21 gol. Gol terbanyak diperoleh ketika menggasak Filipina, 8-0.

Banyaknya gol yang dihasilkan tak lepas dari kontribusi sang striker, Amiruddin Bagus Kahfi. Penyerang bernomor punggung 20 itu pun kini memimpin top skor sementara dengan kemasan 11 gol.

Bukan cuma itu, timnas Indonesia U-16 juga menjadi tim yang paling sedikit kebobolan. Dari lima pertandingan, gawang Garuda Asia baru kebobolan tiga gol.

(BacaTekuk Laos 0-1 Malaysia Jumpa Indonesia di Semifinal AFF U-16)

Sementara itu, timnas Malaysia U-16 lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B dengan nilai 9 usai mendepak Laos 1-0 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Selasa (7/8/2018). Harimau Malaya kalah saing dengan Thailand yang memuncaki klasemen dengan poin 10.

Meski begitu, timnas Indonesia U-16 tetap tak boleh menganggap enteng Malaysia. Selama babak penyisihan Muhammad Asman dkk berhasil memasukkan 12 gol dan hanya kemasukkan 3 gol. Namun seluruh gol itu dicetak hampir merata oleh tujuh pemainnya. Itu artinya, ancaman untuk mencetak gol bisa datang dari hampir semua pemain Malaysia.

Secara head to head, timnas Indonesia U-16 pun menyimpan catatan kurang bagus dengan Malaysia U-16. Dari 5 kali pertemuan di Piala AFF U-16, pencapaian timnas Indonesia U-16 paling maksimal hanya 3 kali menahan imbang, 2 kali kalah dan belum sekalipun menang. Ini tentu akan menjadi beban bagi Bagus dkk.

Namun, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini telah menanamkan semangat kepada para anak asuhnya. Ia meminta tim untuk melihat ke depan bukan ke belakang.

(BacaGasak Kamboja 4-0, Indonesia U-16 Lolos Sempurna ke Semifinal Piala AFF 2018)

Fakhri pun mengaku sudah mengantongi sedikit gambaran mengenai permainan Malaysia. Ia yakin Indonesia U-16 bisa lolos ke final, bahkan menorehkan rekor dengan mempersembahkan trofi Piala AFF U-16 kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Kami sudah menyiapkan strategi untuk bisa memberikan tekanan perlawanan dari awal pertandingan dan mempersembahkan kemenangan bagi tim ini,” ungkap Fakhri di situs resmi PSSI.

Sementara itu, pertandingan semifinal lainnya akan mempertandingkan Thailand versus Myanmar. Laga ini akan berlangsung  di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) pukul 15.30 WIB. (*ys)