Tuesday, 12 November 2019

Di Venue Asian Games Disediakan Air siap Minum

Senin, 13 Agustus 2018 — 15:20 WIB
Asian Games Disediakan Air siap Minum-cw2

JAKARTA – Perhelatan Asian Games 2018 kurang dari tujuh hari lagi. PAM Jaya dengan PALYJA dan AETRA memastikan suplai air ke 51 titik venue Asian Games di Jakarta aman dan terjaga kuantitas serta kualitasnya.

Dari 51 titik venue tersebut terdiri dari 27 venue merupakan pelanggan tidak langsung PAM, 16 venue merupakan pelanggan PAM dan 8 venue lainnya pengguna air tanah. Untuk memastikan kualitas dan kuantitas air di venue pada saat Asian Games, maka PAM bersama PALYJA dan AETRA pun membentuk tim gabungan suplai air bersih Asian Games.

Hal-hal yang dilakuakan oleh tim gabungan ini pun di antaranya rapat koordinasi dengan INASGOC, INAPGOC, WAGUB/GUB, PPKK, dan GBK.

“Kita melalukan bantuan semampu kita dan berkoordinasi dengan para pengelola venue-venue. Kita secara rutin juga akan memantau dan sudah memantau (air di venue-venue tersebut),” ujar Ketua Tim Gabungan Suplai Air Elly Dermawati di Hotel Mercure Cikini, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).

Selanjutnya, ada pemantauan suplai dan tekanan air di semua venue Asian Games untuk memastikan semuanya dalam kondisi aman. Elly menjelaskan, sebelum event Asian Games maka timnya sekali dalam seminggu akan terjun ke lapangan untuk memeriksa langsung tekanan dan suplai air yang ada di tiap venue.

“Sebelum event nanti kita sekali seminggu harus ke lapangan minimal, melihat tekanan airnya, suplainya, apakah lancar. Dan pada saat event pas tanggal 18, setiap hari ada tim khusus yang bekerja memantau tekanan-tekanan air, suplai air yang masuk ke dalam venue-venue itu,” jelasnya.

Selain itu, tim gabungan ini juga melakukan pengujian kualitas air di tiap-tiap venue. Menurut Ketua Tim Gabungan Suplai Air, masih ada temuan-temuan dari air yang ada di keran-keran venue Asian Games 2018.

“Kemudian di venue-venue keran itu memang masih ada temuan, dan dilakukan berulang-ulang pembersihan dan lainnya, Puji Tuhan lancar-lancar saja. Di GOR banyak yang masih menggunakan air tanah itu memang masih ada temuan. Itu kita sarankan dikasih kaporit, meskipun itu bukan air minum hanya air bersih,” jelas Elly.

Sementara itu, bukan hanya air bersih saja yang diperhatikan, tetapi juga air siap minum yang disediakan di tiap-tiap venue. Seperti salah satunya di GBK, terdapat 51 titik drinking fountain yang terdiri dari 40 indoor dan 16 outdoor. Elly memastikan air di drinking fountain ini sudah layak untuk langsung diminum.

Kemudian terakhir, tim gabungan ini membentuk call center untuk menangani keluhan-keluhan yang mungkin didapati selama Asian Games ini berlangsung. Di mana keluhan tersebut bisa disampaikan ke nomor berikut: 021-29979999; 021-86909999 dan 021-5746130. (cw2/yp)