Wednesday, 23 October 2019

Kata PDIP Ini Alasan JK Tolak Permintaan Jokowi

Selasa, 14 Agustus 2018 — 21:43 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai penanganan bencana alam di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), di Kantor Presiden. (ist)

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai penanganan bencana alam di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), di Kantor Presiden. (ist)

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menolak pinangan Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi ketua tim pemenangan pada Pilpres 2019. Menanggapi penolakan tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan akan tetap berusaha memasukkan JK dalam tubuh tim pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Istilahnya Bapak JK bukan menolak ya. Pak JK masuk dalam dewan pengarah dan memberikan arahan. Beliau masuk atau tidak masuk kami menempatkan Pak JK pada sosok yang satu kesatuan degan Pak Jokowi. Kami selalu mendengarkan arahan dari beliau,” ujarnya di Rumah Cemara, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018).

Diketahui penolakan menjadi ketua tim pemenangan karena akan fokus terhadap tugas pemerintahan. Hasto menilai sebenarnya siapapun yang masuk dalam tim pemenangan masih bisa menjalankan tugasnya sesuai jabatan dalam pemerintah.

“Iya tentu saja bagi Pak Jokowi, Pak JK dan seluruh ketum partai apapun tanggungjawab terhadap pemerintah bangsa dan negara jauh lebih besar daripada hanya urusan pilpres, sehingga mereka mereka yang merangkap jabatan pun dedikasi utama tetap tanggungjawab untuk pemerintah,” terangnya.

Dia menambahkan ketua tim pemenangan sepenuhnya akan diserahkan kepada Jokowi. Menurutnya ketua tim harus mampu melaksanakan setiap arahan Jokowi.

“Kita serahkan kepada Pak Jokowi, yang jelas ketua tim pemenangan harus mampu menjabarkan arahan Pak Jokowi karena beliau mengharapkan kita ini incumbent mengharapkan harus membangun tradisi yang baik, yang lebih demokratis,” tuntas Hasto. (ikbal/b)