Thursday, 14 November 2019

Lawan Hongkong Petang Ini, Indonesia Harus Menang!

Senin, 20 Agustus 2018 — 6:43 WIB
Timnas U23. (foto: pssi.org)

Timnas U23. (foto: pssi.org)

JAKARTA – Timnas Indonesia ‘Garuda Muda’ U-23 wajib menang melawan Hongkong jika ingin melenggang ke babak selanjutnya pada cabang olahraga (cabor) sepakbola putra Asian Games 2018. Beban itu akan dipikul Hansamu Yama Pranata dan kolega kala bentrok dengan Hong Kong di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018) pukul 19:00.

Dari tiga laga yang sudah dilakoni, Timnas Indonesia U-23 untuk sementara berada di urutan ketiga Grup A dengan enam poin. Skuad besutan Luis Milla itu kalah dua angka dari Palestina yang berada di urutan teratas dan satu angka dari Hong Kong di posisi kedua.

Sementara dua tim sisanya, yakni Taiwan dengan satu angka berada di posisi keempat, disusul juru kunci tanpa angka, Laos. Berdasarkan hitung-hitungan seperti yang dilansir laman resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Garuda Muda wajib menang atas Hong Kong, jika ingin melenggang ke fase berikutnya.

Maklum, apabila gagal mendulang tiga angka pada laga nanti, maka nasib skuad Milla akan sangat bergantung dari hasil yang diraih tim-tim lainnya. Pasalnya, jika Indonesia tetap finis di urutan ketiga, maka poin dan selisih gol menghadapi posisi tim yang finis di urutan buncit bakal dikurangi.

Misalnya, jika Taiwan kalah dari Laos pada laga pamungkas pada hari yang sama, maka tiga angka yang diraih Hansamu Yama dkk saat melawan Taiwan 4-0, akan dikurangi. Begitu juga selisih empat gol yang mereka cetak ke gawang Taiwan. Begitu juga jika Laos yang menempati posisi buncit.

Itu artinya Indonesia hanya memiliki empat angka jika bermain imbang dengan Hong Kong atau menjadi tiga angka jika kalah dari Hong Kong. Jika itu terjadi, nasib Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar selanjutnya akan ditentukan lewat jalur empat tim peringkat tiga terbaik.

Hal itu tentunya akan dibandingkan dengan peringkat tiga di lima grup lainnya. Oleh karena itu, satu-satunya jalan bagi skuad Milla adalah mengalahkan Hong Kong pada laga nanti.

Untuk membidik tiga angka, Garuda Muda tidak boleh membuat celah yang akan membuka peluang bagi Hong Kong untuk memenangi laga. Apalagi Hong Kong hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan peluang mereka lolos ke babak 16 besar.

“Tadi Luis Milla menyampaikan bahwa pemain harus rapat ya di tengah, antisipasi di tengah, jangan membuat celah bagi Hong Kong. Pokoknya kami semua harus rapat,” kata asisten oelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti kepada para pewarta, usai menggelar sesi latihan, Minggu (19/8/2018) pagi.

Demi menjalankan siasat tersebut pada laga nanti, Bima menambahkan butuh stamina serta fisik yang kuat dari para pemain selama 90 menit laga. Hal itu demi lancarnya serangan kilat yang kemungkinan bakal kembali diterapkan Garuda Muda pada laga nanti.

“Ada empat yang positif buat kami waspadai dari Hong Kong, yaitu kekuatan mereka. Tadi ada beberapa sesi latihan, gunanya untuk mengantisipasi kekuatan lawan. Melatih fisik para pemain dan melihat ketahanan tim,” tuntas Bima di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta. (junius/yp)