Tuesday, 12 November 2019

Menjamu Bilbao Saatnya Barcelona Melampiaskan Amarah

Sabtu, 29 September 2018 — 5:56 WIB
Berharap Coutinho dan Dembele kian subur bersama Barcelona (reuters)

Berharap Coutinho dan Dembele kian subur bersama Barcelona (reuters)

SPANYOL – Sebelum Real Madrid baku bunuh dengan Atletico Madrid, saatnya Barcelona menjauh dari kedua klub saingan terberatnya di Liga Spanyol tersebut.

Seperti diketahui La Liga akan menghadirkan big macht derby Madrid, di mana Real Madrid akan menjamu Atletico Madrid di Santiago Bernabeu, Minggu (30/9/2018) dinihari WIB.

Keduanya sudah saling ancam. Real Madrid mengandalkan sebagai tuan rumah tentu tidak lagi mau kalah seperti ketika mereka bertandang ke markas Sevilla yang keok 3-0. Sebaliknya Atletico Madrid justru kekalahahan tetangganya itu memacu semangat mereka kembali membuat juara Liga Champions itu kian menderita.

Tentu laga Real Madrid versus Atletico Madrid menguntungkan Barcelona yang sebelumnya menjamu Atletico Bilbao di Camp Nou, Sabtu (29/9/2018) pukul 21.15.

Hanya saja Lionel Messi Cs juga bernasib jelek sama dengan Real Madrid setelah menderita kalah menyakitkan di kandang Leganes 2-1.

Apakah kekalahan itu akan mempengaruhi performa Blaugrana, bisa jadi. Sebab belakangan ini konsistensi Tim Katalan itu juga tengah diuji ketika mereka juga ditahan imbang 2-2 oleg Girona di Camp Nou.

Dua laga buruk Barcelona secara berturut-turut tentu membuat suasana hati mereka tidak tenang.

Penyebab performa Barca pada dua laga itu jelek karena Valverde merotasi pemain. Seperti pada saat menjamu Girona, Philippe Coutinho tidak dijadikan startter oleh sang juru taktik itu. Akibatnya mereka kedodoran dan sempat tertinggal 2-1 dan setelah Coutinho masuk, permainan berubah dan akhirnya lolos dari kekalahan lewat gol Gerard Pique.

Ketika bertandang ke markas Leganes, Valverde juga melakukan hal sama. Beberapa pemain inti dibangku-cadangkan, seperti Luis Suarez dan Jordi Alba. Setelah tertinggal 2-1 baru kedua pemain itu diturunkan, sayang Barca tetap tertinggal dan kalah.

Merasakan nasib buruk di dua laga, Valverde mengaku tidak akan lagi sembarangan merotasi pemain, meski alasannya demi kebugaran.

Seperti diketahui Barca akan menghadapi banyak laga, yaitu Liga Champions, Copa del Rey dan tentu Liga Spanyol. Valverde beralasan mereka butuh pemain tengah yang bugar sehingga dia beberapa kali mengotak-atik pemain tengahnya.

Valverde tentu tidak mau lagi kecolongan saat menjamu Bilbao. Oleh karena itu bisa jadi pemain-pemain Barca akan melampiaskan kekesalan mereka di dua laga ke kandang Bilbao dengan berharap bisa menjauh dari El Real atau Atletico Madrid. (b)