Saturday, 07 December 2019

Peringati Kesaktian Pancasila, Warga Bersihkan Sungai, Ini Maknanya

Minggu, 30 September 2018 — 16:35 WIB
Sejumlah elemen masyarakat saat membersihkan sampah di aliran sungai di Parungkuda, Sukabumi

Sejumlah elemen masyarakat saat membersihkan sampah di aliran sungai di Parungkuda, Sukabumi

SUKABUMI – Sejumlah elemen membersihkan sungai dan penanaman pohon di aliran Sungai Cibodas, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (30/9/2018).

Beubeuresih itu dilakukan jajaran Polsek dan Koramil, Majelis Pemuda Gapleh (MPG), Majelis Gaul tapi Solek (Gapleh), Pemdes Langensari, dan elemen masyarakat lainnya untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan mengenang G30S/PKI.

Ketua MPG Sukabumi, Ustadz Asep Gunawan menuturkan, kegiatan kali ini membersihkan sampah-sampah sepanjang 1 kilometer di sepanjang aliran Sungai Cibodas.

“Kegiatan ini masuk program unggulan kami. Satu di antaranya pecinta lingkungan difokuskan membersihkan sungai. Kegiatan ini bertepatan pada hari bersejarah,” ungkap pria yang karib disapa Ustadz Asgun ini.

“Kalau bukan kita, siapa lagi? Ayo kita buktikan dan ciptakan lingkungan yang bersih mulai dari diri kita sendiri,” timpalnya.

Menurut Asgun, selain membersihkan sampah sungai juga dilakukan penanaman pohon jenis kopi, sukun dan pete. “Di samping memelihara sungai agar tetap bersih, kita juga memprogramkan penanaman pohon di sepanjang aliran sungai,” tukasnya. (sule/win)