Friday, 22 November 2019

Ke Lokasi Gempa, TKN Jamin Tak Bawa Nama Jokowi-Ma’ruf

Selasa, 2 Oktober 2018 — 18:26 WIB
Direktur Relawan TKN, Maman Imanulhaq (tengah).

Direktur Relawan TKN, Maman Imanulhaq (tengah).

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin mengadakan penggalangan bantuan dengan mendirikan Crisis Center. Direktur Relawan TKN, Maman Imanulhaq mengatakan penggalangan bantuan telah dibuka mulai Senin (1/10/2018) yang berkantor di Jalan Proklamasi No 46, Menteng, Jakarta Pusat.

Pria yang kerap disapa Kang Maman mengatakan selain bantuan logistik, TKN juga akan mengirimkan relawan. Tidak sembarang relawan yang akan diberangkatkan ke tempat bencana, imbuhnya, melainkan relawan yang sudah terlatih menghadapi bencana.

“Di lapangan nanti kami bikin posko di sana. Tentu kami berkoordinasi dengan BNPB dan sebagainya sehingga fungsi koordinasi kami dikuatkan. Tentu tak sembarangan relawan bisa ke sana, tapi yang sudah terlatih,” katanya di Posko Cemara di Jalan Cemara No 19, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Maman menjamin meski digerakkan melalui TKN Jokowi – Ma’ruf, tidak akan ada alat peraga kampanye (APK) atau membawa bendera pasangan calon. Kebijakan tersebut menurutnya sejalan dengan instruksi Jokowi agar tidak ada kegiatan politik dalam penanganan bencana di Palu dan Donggala.

“Rapat kemarin kami putuskan bahwa ini aksi kemanusiaan. Jadi tak ada labeling relawan Jokowi-Ma’ruf. Kami hanya fasilitasi penggalangan dan kedatangan orang yang sudah punya spesifikasi untuk terjun di daerah itu. Saya jamin tidak ada bendera, APK, tulisan dan sebagainya,” imbuhnya.

“Kami ingin hindarkan beberapa organ relawan atau partai yang hanya datang menyerahkan indomie dua bungkus lalu selfie. Ini adalah misi kemanusiaan di mana kita harus penuhi kebutuhan mereka dan kami ingin membalikkan prasangka itu,” tuntas Maman. (ikbal/win)