Sunday, 17 November 2019

BNPB Sortir Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami

Rabu, 3 Oktober 2018 — 16:55 WIB
bantuan gempa

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mensortir sejumlah negara yang menawarkan bantuan kepada Indonesia terkait bencana alam, gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa ada 29 negara yang telah menawarkan bantuan kepada Indonesia guna menangani gempa bumi dan tsunami di Sulteng, yang terjadi pada Jumat (28/9/2018) lalu.

“Saat ini BNPB telah mensortir beberapa bantuan. Dari 17 negara yang telah menyampaikan secara konktrit bantuan sesuai kebutuhan pemerintah RI yang telah ditetapkan,” ujar Sutopo di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018).

Ada enam kebutuhan yang diutamakan, di antaranya transportasi udara, tenda, dan genset. Sementara untuk tenaga medis dan obat-obatan telah dinyatakan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tidak lagi masuk dalam prioritas kebutuhan bantuan Internasional.

Kemudian untuk transportasi udara, pesawat yang dibutuhkan Indonesia ialah jenis Pesawat Hercules C130. Ada empat negara yang menyatakan memberikan bantuan transportasi udara ini, yakni Singapura akan memberikan bantuan dua unit pesawat hercules C130, Korea Selatan dua unit pesawat hercules C130, Inggris satu unit pesawat hercules C130, dan Jepang dua unit pesawat hercules C130, serta sebuah Helikopter.

“Jadi ada tujuh pesawat hercules bantuan Internasional sampai hari ini yang sudah disetujui, dan satu helikopter MI17. Kita juga mengingat kapasitas bandara untuk menampung pesawat besar hercules tadi hanya tujuh. Jadi saat ini (bantuan transportasi udara) sudah dirasakan cukup,” jelasnya.

Sedangkan untuk prioritas penanganan darurat pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, masih sama seperti sebelumnya. Di antaranya melanjutkan evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban, penanganan medis dan jenazah, serta distribusi logistik dan permakanan untuk pengungsi. (cw2/b)