Monday, 09 December 2019

Jadi Saksi Kasus Ratna Sarumpaet

Ini Alasan PAN Mengapa Amien Rais Belum Penuhi Panggilan Polda Metro

Jumat, 5 Oktober 2018 — 23:52 WIB
Amien Rais (toga)

Amien Rais (toga)

JAKARTA- Akhirnya Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan penjelasan mengapa Amien Rais tidak memenuhi panggilan polisi untuk dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Ratna Sarumpaet yang jadi tersangka kasus hoaks.
Menurut Sekjen PAN Eddy Soeparno, ketidak-hadiran Amien Rais karena merasa tidak menyebarkan hoaks.”Yang menyatakan berita tidak benar alias kebohongan itu satu orang dan orang tersebut sudah mengakui. Apa yang dilakukan oleh Pak Amien, apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo itu dilihat dari aspek kemanusiaan, aspek kewajaran, dan aspek kewarasan, itu sah,” ujar Eddy di Jalan Kertanegara Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018).

Meski demikian Eddy mengaku tak tahu secara pasti mengapa Amien tak datang karena baru pulang dari luar kota dan belum berbicara langsung kepada pendiri PAN tersebut.

“Tetapi kita lihat dari kacamata yang sangat objektif bahwa yang berbohong menyatakan berita tidak benar itu satu orang, tetapi lain-lain kok sampai bisa bagian dari proses pemeriksaan ini,” katanya.
Ratna, pendukung Prabowo-Sandi, sempat mengaku dianiaya. Dan ketika itu Ratna memberitahukannya kepada Amien Rais dan Prabowo. Menurut Eddy, mendengar pengakuan seorang perempuan berusia 70 tahun dianiaya tentu akan spontan menimbulkan pembelaan termasuk dari Amien Rais.

Meskii demikian Eddy menegaskan pihaknya tetap menghormati proses hukum soal hoaks Ratna.

Sebelumnya diberitakan Polda Metro memanggil Amien Rais Jumat (5/10/2018) untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus Ratna Sarumpaet. Penyidik ingin tahu proses bagaimana Ratna bercerita kepada beberapa tokoh termasuk Amien Rais soal penganiyaan yang dialaminya di Bandung yang ternyata tidak benar alias bohong. (b)