Friday, 06 December 2019

Pengacara: Penghormatan ke Amien Rais, Pemeriksaan di Ruang Bekas Kapolda

Rabu, 10 Oktober 2018 — 18:25 WIB
egi sujana

JAKARTA – Amien Rais sudah selesai diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya sebagai saksi terkait kasus kebohongan Ratna Sarumpaet. Enam jam lamanya Ketua Dewan Kehormatan PAN itu diperiksa.

Kuasa Hukum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Eggi Sudjana menyatakan bahwa pihak kepolisian sangat menghormati Amien Rais. Bahkan, Amien diperiksa bukan di ruangan penyidik.

“Amien Rais, tidak diperiksa di ruangan yang biasa memeriksa orang lain, tapi di ruangan bekas Kapolda jadi nyaman baik dan sebagainya. Jadi ini bukti penghormatan kepada Amien Rais karena diberi pengantar bapak adalah bapak bangsa,” ucapnya di atas mobil komando massa PA 212 yang mengawal Amien di depan Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018).

Eggi melanjutkan, saat pemeriksaan, Amien dicecar sebanyak 30 pertanyaan. Ia pun mendampingi Amien sampai selesai. Menurut Eggi, pertanyaan yang dilontarkan penyidik salah satunya perihal siapa yang menyuruh adanya konpers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

“Kertanegara kita semua tau tidak ada yang nyuruh karena di rumah Prabowo wartawan selalu standby jadi tidak bisa dikejar lebih jauh,” katanya.

Adapun pertanyaan lainnya yang ia sangat soroti yaitu soal pandangan Amien setelah tahu Ratna bohong. “Pak Amien bilang saya seperti disambar halilintar saya merasa dibohongi saya kecewa berat,” kata Eggi.

“Tapi kenapa sebelumnya untuk berkait dengan konpers itu yakin betul bahwa Ratna Sarumpaet dianiaya kata pak Amien spontanitas solidaritas, karena Ratna Sarumpaet dalam struktur pemenangan termasuk anak buah saya jadi solidaritas untuk anak buah saya yang dihina, dijnjak-injak jadi spontanitas itu tidak ada motif atau niat buruk kita untuk mempolitisasi keadaan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Eggi pun meminta pihak kepolisian agar segera melaksanakan gelar perkara terkait kasus tersebut. “Kita minta gelar perkara supaya terang benderang,” tandasnya. (cw6/win)